Winarni Nanang Kukuhkan Bunda Paud dan Bunda Literasi Kecamatan Katibung

DL/04022022/KATIBUNG

---- Bunda Winarni Nanang Ermanto Selaku Bunda Paud dan Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan mengukuhkan Bunda Paud dan Bunda Literasi kecamatan Katibung pada Musrembangcam di Lapangan Desa Trans Tanjungan, Jum’at 4 Februari 2022.

Hadir pada kesempatan itu, Sekertaria Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, Ketua Dharma Wanita Persatuan Yani Thamrin, Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KeluargUa Berencana ( Dalduk dan KB), Kepala Dinas Pendidikan Yespi Qori, Kepala Dinas Kesehatan Joniansyah serta Beberapa Kepala OPD terkait.

Bunda Winarni mengatakan pengukuhan Bunda Literasi Desa ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan se-Provinsi Lampung yakni di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kita akan menjadi contoh keberhasilan bagi Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Lampung,”ujarnya.

Winarni juga menjelaskan Keberadaan Bunda Paud dan Bunda Literasi di setiap desa memiliki peran yang sangat penting dalam keberlangsungan pendidikan anak usia dini dan kegemaran membaca bagi masyarakat di desa tersebut.

“Oleh karena itu, keberadaannya bukan hanya sebagai simbol semata, namun harus di aplikasikan secara nyata apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab saudara selaku bunda Paud Desa dan Bunda Literasi Desa,”jelasnya.

Duta Swasembada Gizi tersebut juga menekankan tugas sebagai Bunda Paud Desa adalah memberikan perhatian penuh terhadap  perkembangan Paud serta harus mampu menerapkan sistem pendidikan.

“Melalui pendekatan Holistik Integratif (HI), yang tidak hanya menekankan aspek pendidikan semata, tetapi mencakup juga aspek pelayanan gizi, pelayanan kesehatan, pengasuhan, dan perlindungan anak,”ucapnya.

Menutup sambutannya, Bunda Winarni Nanang Ermanto berharap,pojok-pojok literasi ini bukan hanya tersedia di kantor desa saja, akan tetapi sebarannya juga di beberapa lokasi  strategis, seperti tempat-tempat keramaian warga atau alun-alun desa.

“Saya juga berharap pojok literasi ini akan dapat meningkatkan minat baca masyarakat kita serta pojok literasi ini akan dapat meningkatkan minat baca masyarakat kita karena semua ini tanggungjawab kita bersama,”tutup Bunda. (Lmhr/Hs)

Tags