Perdana, Pemkab Lamsel Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Pahlawan dan HUT Lampung Selatan

DL/10112021/KALIANDA

---- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar upacara bendera perdana dalam rangka membuka rangka Hari Pahlawan ke-76 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Selatan ke-65 tahun 2021.

Upacara yang digelar di Lapangan Korpri Kalianda, komplek Pemkab setempat, pada Rabu pagi 10 November 2021, baru dilaksanakan setelah dua tahun sebelumnya tidak diadakan.

Mengingat, kondisi pandemi COVID-19 yang tidak akan diadakannya pemberitahuan peringatan apapun. Namun seiring melandainya kasus COVID-19 di Kabupaten Lampung Selatan, upacara yang biasa digelar di Lapangan Korpri kembali dilaksanakan.

Meski demikian, upacara tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan hanya diikuti oleh peserta dari TNI/POLRI serta PNS dengan jumlah yang terbatas.

Turut hadir, anggota Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan diantaranya, Kapolres AKBP Edwin, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setyo Nugroho, dan Kajari Dwi Astuti Beniyati.

Selain itu, hadir juga Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan Agus Sartono, Ketua PN dan PA, Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan serta anggota Veteran, Pepabri, dan Warakawuri Lampung Selatan.

Sementara itu, bertindak sebagai Pembina Upacara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto. Sedangkan Kapten Inf. Paino yang saat ini sebagai WS Pasi Intel Kodim 0421/Lampung Selatan didapuk sebagai pemimpin upacara.

Sedangkan Kapten Inf. Imron Nata yang saat ini sebagai Danramil Palas sekaligus WS Pasi Pers Kodim 0421/Lampung Selatan sebagai Perwira Upacara.

Upacara kali ini diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh tiga orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lampung Selatan.

Yakni Dewo Prahara Abiyoso dari SMAN 1 Kalianda sebagai pembentang, Sandy Aulia Kusuma dari SMA 1 Kalianda sebagai pengerek dan Regina Puspita Harlianda dari SMAN 2 Kalianda sebagai pembawa bendera.

Kemudian upacara dilanjutkan mengheningkan cipta dan membaca naskah Pancasila oleh Pembina Upacara. Lalu membaca pembukaan UUD 1945, membaca pesan-pesan pahlawan, amanat Pembina Upacara, dan ditutup dengan doa.

Sementara itu, pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto selaku Pembina Upacara menyampaikan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Melalui peringatan Hari Pahlawan 2021, Nanang mengajak seluruh peserta upacara bersama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghargaan atas tahun jasa dan pengorbanan para pahlawan.

“Yaitu dengan cara memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan kemampuan dan kemampuan kita masing-masing,” ujar Nanang.

Melalui peringatan Hari Pahlawan, Nanang juga menghargai agar nilai-nilai kepahlawanan dapat menjadi inspirasi disetiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

Karena Kata Nanang, setiap orang bisa menjadi bidang apapun. Dan bahkan bisa memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarga dan komunitasnya.

“Semangat, tekad dan keyakinan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi mengalahkan musuh bersama yang sebenarnya, yaitu misi dan kesialan dalam arti yang luas,” kata Nanang.

Selanjutnya, terkait peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan, Nanang mengatakan, hal itu adalah momentum sejarah bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan rasa syukur akan berbagai anugerah dan karunia yang diberikan kepada Kabupaten Lampung Selatan.

“Marilah kita memperingatkan peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan ini sebagai refleksi terhadap jati diri yang diinspirasi oleh para pejuang pendiri kabupaten ini,” ujar Nanang.

Lebih lanjut Nanang menambahkan, 65 tahun telah berjalan. Dimana Kabupaten Lampung Selatan yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1956, tanggal 14 November 1956, yang pada awalnya merupakan bagian dari wilayah Provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), telah menjadi kabupaten yang berdiri sendiri.

“Untuk itu kita patut berbangga hati khususnya kepada para pejuang pendiri kabupaten ini. Maka kita harus memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya guna mengenang kembali jasa-jasa dan darma bhakti para pejuang terhadap Kabupaten Lampung Selatan,” pungkasnya.

Setelah upacara bendera di Lapangan Korpri, peringatan Hari Pahlawan ke-76 dan HUT Kabupaten Lampung Selatan ke-65 tahun 2021 dilanjutkan dengan upacara ziarah dan tabur bunga di Taman makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Kalianda. (Az/Hs)