Duh, Bayu dan Ripqi Hanya Selisih Dua Kilogram Saja

DL/09102021/JAYAPURA

------- Selisih angkatan antara Bayu saputra dan lifter Jambi, Ripqi Ramadan hanya selisih 2 kilogram saja, untuk menentukan Emas dan Perak. Memang pertarungan sengit terjadi di arena angkat besi putra Pekan Olahraga Nasional (PON) di Auditorium Universitas Cendrawasih (Uncen) Jayapura, Sabtu 9 Oktober 2021.

Persaingan antara tiga lifter kelas 109+ Kg terjadi sangat menegangkan. Apalagi bagi kubu Lampung, Jambi dan Jawa Timur.

Lampung yang menurunkan lifter Bayu Saputra yang bertekad membuat revans atas kekalahannya di PON XIX Bandung Jawa Barat mampu memimpin sementara di angkatan Snatch dengan total angkatan 154 Kg, sementara Ripqi Ramadan lifter Jambi mengangkat 145 kg, dan Jaenal MR dari Jawa Timur mengoleksi berat 140 Kg.

Ketegangan dimulai sejak angkatan untuk Clean and Jerk, dimana Bayu memulai angkatannya dengan bobot 176 Kg dan berhasil pada angkatan pertama. Sementara Jaenal pada angkatan pertamanya 175 Kg dan berhasil. Dalam bobot ini Ripqi belum mengangkat, karena lifter berkuncir ini start dengan 183 Kg.

Pada angkatan kedua Bayu mencoba mengangkat barbel 181 Kg namun gagal, kemudian diangkatan terakhirnya juga gagal, sehingga angkatan terbaiknya 176 kg.

Sementara Jaenal lebih ambisius dengan meminta barbel seberat 193 kg. Di sini lifter Jawa Timur itu terhenti karena gagal di dua angkatan, sehingga yang tercatat hanya 175 kg.

Sementara Ripqi tinggal sendirian dengan angkatan 183 Kg dan berhasil, kemudian minta mengangkat 187 Kg dan berhasil pula. Namun pada dua kesempatan lain yang tersisa Ripqi juga mencoba-coba minta barbel seberat 200 Kg, akhirnya terhenti di sini.

Ketika di total, antara angkatan Snatch dengan Clean and Jerk, selisihnya hanya 2 kg, antara Bayu dan Ripqi. Lifter Jambi ini mengangkat total 332 Kg, sedangkan Bayu 330 Kg dan Jaenal 315 Kg.

Ripqi emas, Bayu perak dan Jaenal perunggu. (don)

Tags