Riana Sari: SIGER Donor Darah Untuk Bantu Masyarakat Yang memerlukan Darah Segera

DL/21062021/Bandarlampung

---- Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung, meluncurkan program SIGER Donor Darah (Saatnya Ikut Bergerak Untuk Rakyat Yang membutuhkan Donor Darah) bertepatan dengan peringatan Hari Donor Darah Sedunia di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung, Bandarlampung, Senin 21 Juni 2021.

Dalam kesempatan ini Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan bahwa darah merupakan saru-satunya komponen dalam pengobatan yang tidak dapat diproduksi oleh pabrik obat, oleh karenanya harus dengan cara donor darah.

"Donor Darah sangat diperlukan bagi pasien yang membutuhkan, jadi menyumbang darah itu sangat bernilai mulia, setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan nyawa manusia," ucapnya.

Dengan Gerakan tersebut Gubernur berharap banyak masyarakat yang tertolong dan banyak juga yang tergerak hatinya untuk dapat mendonorkan darahnya secara Gradual 3 Bulan sekali.

"Saya mengaprseiasi, semoga banyak masyarakat yang terdorong hatinya untuk ikut mendonorkan darahnya secara rutin, Saya harap jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, dunia usaha, swasta, peruruan tinggi dan lain sebagainya, setelah ini juga dapat melaksanakan donor darah secara gradual dilingkungannya masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," paparnya.

Kontribusi Pendonor

Sementara itu Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan bahwa kegiatan donor darah yang digelar hari ini adalah untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 14 Juni lalu. Adapun tema Donor Darah Sedunia kali ini adalah "Give Blood and Keep The World Beating".

Menurut Riana Sari Arinal pesan yang ingin disampaikan melalui tema tersebut adalah pentingnya kontribusi para pendonor untuk membuat dunia tetap bekerja, dengan menyelamatkan nyawa dan memperbaiki kesehatan.

Gerakan Siger Donor Darah, menurut Riana Sari bermula saat dirinya mencanangkan gerakan untuk saling berbagi bahan sembako dengan masyarakat yang terdampak Covid-19, seiring berjalannya waktu gerakan tersebut meluas ke berbagai sektor, termasuk Donor Darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain Donor Darah, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penobatan Duta Donor Darah Provinsi Lampung yang telah melaksanakan donor darah sebanyak 113 kali, kemudian pemberian piagam penghargaan secara simbolis kepada Pendonor Sukarela 75 kali kepada sebanyak 26 pendonor, Pendonor Sukarela 50 kali sebanyak 84 pendonor, Pendonor Sukarela 25 kali sebanyak 349 pendonor, dan Pendonor Sukarela 10x sebanyak 1445 pendonor, penghargaan juga diberikan kepada kelompok donor terbaik dimasa pandemi yakni PTPN7, Rumah Makan Bunda, Masjid Al-Falah, dan Hotel Golden Tulip Springhill.

Selain itu, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Lampung, PMI Provinsi Lampung, Forkopimda, BUMD,  Perguruan Tinggi, Swasta, dan berbagai Organisasi kemasyarakatan, untuk dapat berkomitmen melaksanakan kegiatan donor darah ditempatnya masing-masing secara berkala untuk memenuhi kebutuhan darah di Lampung. (tim)

Tags