Hebat! Uswatun ke Final, Menang Atas Petinju Tajikistan

DL/28052021/Bandarlampung
----- Selangkah lagi sejarah terukir di Asian Elite Boxing Championships. Petinju putri Indonesia, Uswatun Hasanah melaju ke final Kejuaraan Tinju Asia.
Tiket dikantongi setelah mengalahkan petinju Tajikistan, Shoira Zulkaynarova di semifinal, Kamis 27 Mei 2021.
Uswatun turun di kelas 60kg menang tipis 3-2. Kelima hakim memberi poin imbang 140-140. Tapi, petinju Indonesia itu mendapat deducted points 1.
Petinju asal Nusa Tenggara Barat itu sebelumnya mengalahkan Maricel Sela Torre (Filipina) dengan angka mutlak (uninomous Dececion) 5:0.
Kemenangan ini menjadikan Atun--sapaan akrabnya- sebagai petinju putri pertama Indonesia yang menembus final di Kejuaraan Asia. Jika berhasil meraih juara, namanya akan terukir dalam sejarah.
Petinju putri asal Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menantang Rimma Volosenko (Uzbekistan) di final pada 30 Mei. Rimma mengantongi tiket final setelah mengalahkan petinju India Simpaanjit Kaur Baatih.
Uswatun berada di sudut biru pada pertandingan di Le Meridien Hotel, Dubai, Uni Emirat Arab itu. Shoira yang unggul postur tubuh mencoba mengurung Uswatun.
Tapi, Uswatun berhasil keluar dari tekanan dan membalas dengan pukulan ke wajah lawannya. Uswatun unggul satu poin pada ronde pertama. Tiga hamik memberi poin 10.
Pada ronde kedua, lima hakim memberi poin sempurna, 10 kepada Atun. Tapi, di ronde ketiga, Shoira lebih unggul. Tapi total Atun masih unggul tipis dan keluar sebagai pemenang.
"Selamat Indonesia, Selamat Pertina. Selamat kepada adik Huswatun. Terima kasih kepada para menejer dan para pelatih serta para pengurus dan keluarga besar Pertina. Semoga Atun tampil sebagai juara di final," kata Ketua Umum Pertina Mayjen TNI (purn) Komaruddin Simanjuntak. ***

Tags