Arinal Sidak ke Beberapa Fasilitas transportasi Bandarlampung

DL/04052021/ BANDARLAMPUNG

---- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan peninjauan ke beberapa pelayanan transportasi darat dan laut demi memastikan terlaksananya protokol kesehatan di sejumlah titik simpul transportasi tersebut, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Selasa 4 Mei 2021.

Lokasi yang dikunjungi Gubernur antara lain Stasiun PT. KAI Tanjungkarang dan Pospam Ryacudu di Kota Bandar Lampung. Kemudian, Dermaga Eksekutif dan Dermaga Reguler Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kunjungan ini, Gubernur Arinal juga ingin memastikan langsung kondisi di lapangan, baik sarana prasarana untuk mendukung pengendalian transportasi, termasuk personil di lapangan dan peralatan uji GeNose C19 di setiap simpul transportasi.  "Kita saling berkoordinasi sekaligus melihat kondisi di lapangan," ujar Gubernur Arinal.


Arinal mengatakan meski masyarakat sudah diimbau untuk tidak melakukan mudik dan sudah tahu bahwa akan ada penutupan akses transportasi, namun aktivitas mudik tidak bisa dihindarkan.

Untuk itu, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, Arinal meminta di setiap moda transportasi harus ketat terhadap protokol kesehatan serta membatasi kuota para penumpang.

Bahkan para penumpang yang akan memasuki Provinsi Lampung wajib mengantongi surat negatif Covid-19 atau dilakukan test secara langsung dilokasi simpul transportasi.

"Mohon dilihat penumpangnya. Saya juga meminta untuk melakukan penambahan personil didalam pengawasan dan pengendalian," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan protokol kesehatan tetap menjadi konsen di Pelabuhan Bakauheni.

Ira menyebutkan apalagi sekarang dengan adanya pembelian tiket ferry berbasis online atau Ferizy, antisipasi terhadap kuota penumpang lebih tersistem.

"Sehingga berangkat sesuai dengan slot yang ada dan dengan ini antisipasi lebih tersistem. Hasilnya, tidak ada antrian yang sangat buruk terjadi," ujarnya. (tim/jun)