Untung TNI-POLRI Bisa Redam Keributan Antar Warga Ketapang Sebelum Meluas

DL/13042021/LAMSEL

--- Serda Widagdo anggota Babinsa Koramil 421-03/Penengahan bersama Babinkamtibmas serta aparatur pemerintah desa, bersama-sama meredam keributan antar warga karena kesalah pahaman di desa Sumur Kecamatan Ketapang Kabupaten Lamsel, Selasa malam 13 April 2021.

Kronologis kejadiannya, beberapa pemuda asal desa Sumur yang mayoritas pemuda etnis Lampung kumpul-kumpul, dan mendapat teguran dari dusun Yoga Loka yang mayoritas pemuda etnis Bali.

Atas teguran itu pemuda asal desa Sumur merasa tidak terima dan akhirnya terjadi cekcok mulut. Pemuda asal desa Sumur kemudian kembali mendatangi pemuda dusun Yoga Loka dengan membawa serta massa lainnya.

Atas terjadinya permasalahan kesalah-pahaman itu, aparatur pemerintah desa Sumur berkoordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas serta melibatkan beberapa tokoh masyarakat lainnya, untuk dapat menyelesaikan dan juga meredam permasalahan ini.


Alhasil dengan adanya rembug pekon secara kekeluargaan permasalahan ini bisa diredam, dan pemuda yang hampir berseteru bisa membubarkan diri untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Serda Widagdo mengatakan bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada aparatur pemerintah desa Sumur, yang dengan cepat melakukan koordinasi untuk menyelesaikan permasalahan ini dan bisa segera terselesaikan.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak dan para tokoh desa Sumur yang telah ikut sama-sama meredam permasalahan ini. Kita semua adalah saudara satu bangsa dan satu negara. Saya berharap kita sama-sama menjaga rasa persatuan, bila ada permasalahan jangan mudah emosi berpikirlah secara bijak, agar tidak berakibat merugikan diri sendiri, orang lain maupun keluarga kita. Mari bila terjadi permasalahan kita duduk bersama-sama untuk menyelesaikannya,” ujarnya. (Hs)