600 Hektar Sawah di Lambar Bakal Dibangun Saluran Irigasi

DL/07042021/Lampung Barat 

Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun ini mendapat suntikan dana dari APBN yang diperuntukkan untuk rehabilitasi dan pembangunan saluran irigasi.

Lambar mendapat jatah rehab dan pembangunan  saluran irigasi sebanyak 12 titik yang tersebar di beberapa Kecamatan.

Kasi Lahan dan Irigasi Ferdi Nitiarga mewakili Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) setempat mengatakan, sebanyak 12 titik akan dibangun saluran irigasi yang bersumber dari dana APBN.

"Pembangunan ini merupakan Tugas Pembantuan (TP). 12 titik lokasi tersebut yakni dua lokasi di Kecamatan BNS pekon Suoh, tiga lokasi di Kecamatan Suoh pekon Tuguratu, Sumberagung dan pekon Roworejo," ujar Ferdi, Rabu, 7 April 2021.

"Lalu empat lokasi di Kecamatan Kebuntebu pekon Muarabaru, Muarajaya II, Ciptamulya dan Muarajaya I, di Kecamatan Batubrak satu yaitu di Pekon Canggu, Kecamatan Sukau satu di pekon Pagardewa dan di Kecamatan Lumbokseminung satu di pekon Lumbok," tambahnya.

Ferdi mengungkapkan, setiap tahun bantuan pembangunan irigasi bersumber dari APBN selalu ada, pemkab Lambar hanya mengatur penempatan lokasi atau lahan, untuk pelaksanaan dilakukan oleh pemerintah provinsi.

"Setiap unit atau paket itu untuk 50 ha lahan. Karena kita mendapat 12 titik jika dikalkulasikan semuanya 600 ha sawah. Pembangunan atau rehab saluran irigasi ini yaitu irigasi tersier, jadi langsung ke lahan sawah garapan para petani," ungkapnya.

Menurut Ferdi, jumlah bantuan tahun ini (2021) lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya (2020), jika tahun ini sebanyak 600 hektar, tahun lalu hanya 300 hektar.

"Alhamdulillah tahun ini mengalami kenaikan dan semoga tiap tahunnya terus mengalami kenaikan karena kegiatan ini termasuk rutin dilaksanakan setiap tahunnya," tutur Ferdi.

Untuk pelaksanaannya dilakukan serentak dan sudah dimulai sejak dari tanggal 17 Maret sampai dengan 17 Juni 2021. Saat ini ada beberapa titik sudah memulai pembangunan dan ada juga beberapa lokasi yang masih dalam persiapan material.

"Semoga berjalan dengan lancar pelaksanaan tersebut sampai dengan selesai, dan sesuai dengan harapan kita semua," harapnya. (Igun)