Kodim 0411/LT Dan Hipakad Semakin Solid

DL/19022021/Kota Metro
---- Menilik berdirinya Himpunan Putra Putri  Keluarga Angkatan Darat ( HIPAKAD) merupakan wadah bagi Putra Putri Keluarga Angkatan Darat yang dicetuskan pada tahun 1963 di Komplek SESKOAD.
Dikatakan Pasiter Kodim 0411/LT Kapten Inf. Sabariyanto pada saat  dipimpin oleh Letjen TNI Sudirman, sebagai bentuk tempat berinspirasi dan berkarya Hipakad terus mengikuti perkembangan zaman, hingga di tahun 1984 dengan arahan Letjen TNI Bambang Triantoro (Deputi KSAD) maka dibentuklah HIPAKAD MABESAD dengan nomor Skep/74-III-1984 untuk masa bakti 1984-1990.
Setelah masa bakti tersebut berakhir maka dikeluarkan kembali nomor SKEP/540/XII-1990. untuk periode kepengurusan  1990-1994.
Dengan terbentuknya organisasi Hipakad Pusat, maka di wilayah-wilayah teritorial NKRI terbentuk pula Hipakad-hipakad Daerah dan Cabang yang memiliki peran penting sebagai jembatan mempererat keluarga besar TNI AD baik personel yang sudah purna tugas maupun personel yang masih aktif, sehingga keberadaan Hipakad bisa menjaga kesolidan dalam bingkai kekeluargaan dan kekompakan di tubuh Keluarga Besar TNI.
Sementara, di Kodim 0411/LT sebagai Satuan Teritorial telah mendorong DPC Hipakad Kota Metro untuk ikut serta andil dalam kegiatan-kegiatan pembangunan di wilayah Kota Metro.
“ keseriusan dalam hal pembinaan, dibuktikan dengan dilaksanakannya pelantikan Masa Bhakti DPC Hipakad Kota Metro  Periode Tahun 2020 - 2025 di Aula Pamungkas Makodim 0411/ LT di Jalan Veteran No.29 Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat Kota Metro pada Selasa 17 November 2020.” Jelasnya.
Tidak tanggung-tanggung, Dandim 0411/LT Letkol Inf Andri Hadiyanto,M.Han. bersama Walikota Metro Achmad Pairin,S.Sos., Kapolres Kota Metro AKBP Retno Prihawati, S.Sos, S.Ik, MH, Ketua DPD HIPAKAD Provinsi Lampung H. Syaiful Bahri, S.Sos, SH., Sekretaris DPD HIPAKAD Lampung, Drs. Joko Pratiknyo, MM Jajaran, Forkopimda Kota Metro, LSM GMBI Kota Metro, LSM Lipan Kota Metro, LSM Laskar Merah Putih Kota Metro, Kebudayaan Seni Tari (Kesti) TTKKDH dan FKPPI Kota Metro menyaksikan langsung kegiatan pelantikan yang bertemakan "Satu Jiwa Satu Korsa, Satu Komando, Hipakad Bergerak Maju" .
Dikatakan Sabariyanto,Dalam amantnya, Dandim 0411/LT Letkol Inf Andri Hadiyanto, M.Han. menyampaikan harapan yang besar kepada pengurus DPC Hipakad Kota Metro periode 2020 s.d. 2025, diantaranya adalah keikutsertaan Hipakad dalam kegiatan pembangunan serta upaya-upaya dalam mengatasi penyebaran Covid 19.
“ Dalam hitungan hari, Hipakad Kota Metro yang dipimpin Ketua DPC Budi Hartono bergerak melaksanakan silaturrahmi dan aksi peduli pemberian bantuan sembako kepada para purnawan TNI-AD serta kepada masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kota Metro. Tidak sampai disitu saja, DPC Hipakad Kota Metro ikut andil dalam kegiatan pembangunan jamban bagi masyarakat kurang mampu dan ikut serta pada kegiatan-kegiatan sosialisasi pencegaahan Covid 19 di wilayah Kota Metro bersama TNI-Polri dan Pemerintah Daerah,” katanya.
Sebagi bentuk kemitraan serta jalin silaturahmi, diusia menginjak tiga bulan setelah pelantikan,  DPC Hipakad Kota Metro bersama Koramil 411-01/Metro berhasil melaunchingkan Steam Motor Bersama yang terwujud dari semangat sinergitas dalam bergotong royong untuk mempererat jalinan tali silaturrahmi antara putra putri TNI AD dengan Anggota TNI aktif.
“ Cucian motor (steam motor) yang dibuat di halaman belakang Koramil 411-01/Metro Jalan Jenderal Achmad Yani Kota Metro diharapkan bisa menjadi sarana kebersamaan antara Hipakad dan Personel Koramil 411-01/Metro sehingga dalam membangun komunikasi bisa lebih dekat dan luwes, disamping itu juga steam motor tersebut bisa menjadi sarana bagi para Babinsa untuk tetap menjaga kebersihan kendaraan dinas dan pribadi dalam menunjang pelaksanaan tugas pembinaan di wilayah binaan,” terangnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh,Komandan Koramil 411-01/Metro Kapten Arh. Mukrim, menurutnya, peresmian steam motor pada Senin 08 Februari yang lalu  merupakan Kegiatan peresmian tempat cucian motor bersama ini juga bertujuan untuk kepentingan bersama khususnya anggota dari Koramil 411-01/Metro dan DPC Hipakad Kota Metro sendiri untuk selalu mengingatkan akan pentingnya selalu menjaga kebersihan.
Sementara ,Ketua DPC Hipakad Kota Metro Budi Hartono  menegaskan , Kegiatan pembuatan cucian motor dihalaman belakang Koramil 411-01/Metro ini adalah untuk kepentingan bersama khususnya anggota Koramil 411-01/Metro dan anggota DPC Hipakad Kota Metro.
“Kami berharap DPC dan anggota Hipakad Kota Metro, dengan keberadaan steam ini  bisa sebagai sarana mempererat tali silahturahmi dan kekeluargaan dengan Kodim 0411/LT khususnya Koramil 411-01/Metro," Tandasnya. (Gun/Rls)