Puncak Perayaan HUT Lambar ke-29, Balitbang Luncurkan Buku 100 Inovasi

DL/24092020/Lampung Barat

---- Buku '100 Inovasi Lampung Barat Hebat' yang dirangkum oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) diluncurkan pada puncak perayaan Hari jadi Kabupaten Lampung Barat (HUT Lambar) yang ke-29.

Buku tersebut merupakan rangkuman dari seluruh inovasi-inovasi yang dilakukan di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) Lambar, yang diresmikan oleh Bupati Parosil Mabsus.

Kepala Balitbang Lambar, Noviardi Kuswan, mengatakan peluncuran buku 100 Inovasi Lampung Barat Hebat ini merupakan perwujudan dari salah satu tiga komitmen Lambar, yakni kabupaten Literasi.

"Buku ini rangkuman dari inovasi yang dilakukan OPD Lampung Barat, antara lain Ambulance Hebat, Kebun Raya Liwa (KRL), Pengembangan Sekuting Terpadu, Penumbuhan-penumbuhan Lokasi Wisata, dan terapan Inovasi-inovasi dibidang Pertanian, Perkebunan, Pendidikan, dan lain sebagainya," ungkap Noviardi, Kamis 24 September 2020.

Dari Keseluruhan inovasi yang ada di bumi beguai jejama sai betik pada tahun 2020 ini, semuanya telah terangkum menjadi satu di dalam buku tersebut.

"ke 100 Inovasi itu, kita juga ikutkan pada ajang Innovative Government Award (IGA) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri," jelasnya.

Lebih lanjut Noviardi menuturkan, untuk lebih memasyarakatkan dan menjadi sumber literasi atau menjadi bahan bacaan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), karenanya seluruh inovasi tersebut diterbitkan dalam bentuk buku.

"Sehingga nanti sebuah OPD tidak hanya bisa membaca inovasi yang ada di OPDnya, melainkan juga bisa membaca inovasi-inovasi yang ada pada OPD lain. Kemudian harapannya bisa menjadi sumber inspirasi untuk menumbuhkan inovasi baru," ungkapnya. (gun)