Warga: Jika Pemerintah Tak Peduli Sampah Ini, Maka Akan Kami Pindahkan ke Jalan

DL/18092020/Lampung Barat

---- Warga sekitar yang bermukim di perbatasan wilayah Pekon canggu dan Kota Besi, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat mulai gusar dengan bertumpuknya sampah di kawasan itu yang sudah cukup lama tidak mendapat perhatian apalagi penanganan oleh pemerintah setempat, kecamatan bahkan kabupaten Lampung Barat.

Saat wartawan detiklampung.com mendatangi lokasi, masih terlihat setumpukan sampah berserakan di sepanjang badan jalan kawasan itu, dan sebagian sudah mulai menimbulkan bau busuk yang menyengat.

Seorang warga sekitar yang merasa geram dengan situasi ini, Iwan (40) mengatakan bahwa ini sudah berlangsung beberapa waktu, dan terkesan semua jajaran pemerintahan abai dengan ini. “Tidak ada tindakan apapun dari kecamatan sampai kabupaten sampai sekarang,” kata Iwan.

Jika tidak ada tindakan nyata dari pemerintah, maka Ia dan sejumlah warga lain akan memindahkan tumpukan sampah tersebut ke badan jalan raya.

"Kami akan memindahkan timbunan sampah ke badan jalan jika pemerintah tetap diam tanpa tindakan yang nyata, karena sampah yang ada semakin hari semakin mengkhawatirkan, bahkan sudah meluap ke badan jalan," ujar Iwan, Rabu 16 September 2020.

Bukan Dari Warga Pekon

Menurut Iwan, sampah-sampah bukan dari warga sekitar pekon setempat, tetapi dari luar wilayah itu yang melemparkannya ke sana, baik mobil-mobil dari arah Liwa maupun sebaliknya. “Kurang kesadaran masyarakat juga menjadi faktor lain dari tumpukan sampah ini,” katanya.

"Tambah parah dan sembarangan, sampah bukan berasal dari kedua Pekon ini saja, tapi dari Pekon lain bahkan Kecamatan lainnya, sering kali adanya mobil-mobil dari Liwa yang membuang sampah di sini," ungkapnya.

Ia berharap, peran Pemerintah dalam mengatasi sampah yang menumpuk tersebut sangat dibutuhkan, karena jika diabaikan seperti ini banyak yang dirugikan bukan hanya warga sekitar saja, melainkan semuanya ikut dirugikan. (igun)

Tags