Razia Masker Di Bandarlampung Belum Terapkan Denda

DL/30072020/Bandarlampung

---- Pemerintah Kota Bandarlampung terus melakukan upaya pendisiplinan warganya dengan melakukan berbagai operasi pemakaian masker, melalui operasi masker di jalan-jalan umum.

Salah satunya adalah dari tim 3 yang dipimpin oleh Pelda Isronsyah dari Kodim 0410 Bandarlampung, dengan anggota gabungan dari berbagai unsur.

Tujuan dari operasi ini adalah mengingatkan anggota masyarakat agar tetap disiplin memakai masker saat bepergian keluar rumah baik berkendara roda empat maupun roda dua.

“Kami melakukan operasi atas nama Gugus Tugas penanganan dan pengendalian Covid-19, agar masyarakat sadar untuk tetap disiplin memakai masker, demi memutus berkembangnya penyebaran virus Corona.” Kata Isronsyah, Kamis 30 Juli 2020, di Jl. Imam Bonjol kawasan Perumahan Griya Imam Bonjol, Langkapura.

Lebih lanjut Isronsyah mengatakan bahwa operasi ini bertujuan mengingatkan dan mendisiplinkan agar pemakaian masker menjadi hebit masyarakat dalam masa Pandemi Covid-19 terutama pada masa New Normal ini.

“Tugas kami mengingatkan, dan memberikan efek agar terus mengingat. Makanya kami berikan teguran serta sedikit hukuman kepada para pengguna jalan yang melanggar aturan tanpa memakai masker. Mereka diberikan hukuman dengan menyanyi lagu kebangsaan, menghafal Pancasila dan Push-Up. Ini sebagai teguran yang sebenarnya masih dalam tingkat simpatik,” katanya.

Dalam operasi ini seluruh kendaraan yang melintas dipantau, terutama kendaraan umum dan pribadi. Jika supir atau penumpang ada yang tidak memakai masker maka akan dikenakan sanksi seperti diatas.

“Kami tidak pilih pilih, siapapun yang melanggar yang sanksinya sama. Memang belum ada perintah untuk memberikan sanksi berupa denda uang, tetapi saat ini masih pada memberikan efek agar pelanggar bisa selalu ingat memakai masker,” kata Isronsyah.

Namun jika para pelanggar memang tidak membawa masker, maka sebelum melanjutkan perjalanan harus beli masker dulu, yang kebetulan di sekitar daerah operasi ada penjual masker. (tim)

Tags