Itera Mulai Terapkan New Normal Kehidupan Kampus

DL/09062020/LAMPUNG SELATAN

---- Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera) mulai menerapkan tatanan normal baru (new normal) mulai Senin 8 Juni 2020. Penerapan new normal dilakukan secara bertahap.

Sebagai tahap awal, kebijakan ini diberlakukan bagi pegawai yakni dosen dan tenaga kependidikan (tendik) dengan tetap mengacu pada protokol new normal yang ditetapkan Kemdikbud. 

Sementara bagi mahasiswa penerapan new normal direncanakan mulai diterapkan pada semester ganjil tahun akademik 2020-2021.


Dalam rilis ke media ini dijelaskan, sebagai panduan pelaksanaan new normal, Rektor Itera telah mengeluarkan surat edaran nomor: T/188/IT9.A/HK.11/2020 tentang Protokol sistem kerja pegawai pada masa new normal Itera pada Jumat 5 Juni 2020.

Protokol tersebut mengatur seluruh kegiatan yang dilakukan pegawai selama berkegiatan di kampus dengan mengutamakan upaya pencegahan Covid-19.  

Sebelumnya, Itera juga telah meminta seluruh pegawai untuk mengisi penilaian diri terkait risiko Covid-19 sebagai pertimbangan apakah pegawai bisa menjalani new normal atau tetap menjalankan work from home (WFH). 

Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., menyampaikan penerapan tatanan normal baru ini mengacu pada kebijakan pemerintah, khususnya Kemendikbud yang mengharapkan perguruan tinggi mulai melakukan tatanan normal baru pendidikan dengan tetap menerapkan disiplin pencegahan Covid-19. 

“Sementara ini kami melakukan new normal secara bertahap untuk pegawai dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Bagi mahasiswa sedang kami persiapkan skema penerapan new normal yang kemungkinan akan diterapkan ditahun akademik semeseter depan,” ujar Rektor.

Rektor berharap, penerapan new normal di Itera dapat berjalan sesuai dengan protokol, dan seluruh pegawai dapat mematuhi setiap protokol dengan baik. 

Sejak Senin pagi, para pegawai mulai melakukan aktivitas seperti biasa di kampus dengan menerapkan protokol new normal.

Pegawai yang akan memasuki lingkungan kampus menjalani pemeriksaan suhu tubuh di gerbang utama, dan wajib menggunakan masker selama di dalam kampus. 

Pegawai, mahasiswa, dan tamu yang memiliki suhu tubuh lebih dari 37,5 °C tidak diizinkan masuk kampus dan atau berkegiatan di kampus dan diminta untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan.

Pegawai juga diminta untuk melakukan pekerjaan dengan tetap menerapkan pencegahan Covid-19 seperti rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir saat tiba di kantor.

Mengupayakan tidak sering menyentuh fasilitas/peralatan yang dipakai bersama di area kerja, menjaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 meter, membawa peralatan makan dan ibadah pribadi dan membiasakan untuk tidak berjabat tangan.

Dalam pelaksanaan new normal di Itera juga diberikan kebijakan khusus bagi pegawai dengan kondisi kesehatan khusus seperti ibu hamil/memiliki riwayat penyakit degeneratif dan pernafasan diizinkan untuk tetap bekerja di rumah (Work from home) yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.

Penggunaan setiap fasilitas gedung, dan proses pelayanan akademik di Itera juga dilakukan dengan mengacu pada protokol pencegahan Covid-19. [Tim]