Terbaru, MUI Bolehkan Shalat Ied Berjamaah, Tapi Ini Syaratnya

DL/15052020/JAKARTA

--- Fatwa terbaru Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memperbolehkan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah dilaksanakan secara berjama’ah di tanah lapang dalam situasi ini. Namun, ada syarat yang harus diperhatikan.

Dalam pemberitaan beberapa media ibukota, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan shalat Idul Fitri kali ini diperbolehkan digelar secara berjamaah di tanah lapang, masjid, atau mushala dengan syarat jika Covid-19 di daerah tersebut sudah terkendali atau menurun.

"Pelaksanaan Shalat Idul Fitri, baik di masjid maupun di rumah, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya potensi penularan," katanya, dirilis okezone.com Rabu 13 Mei 2020.

Dalam Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan alat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19 dibahas pada Rabu 6 Mei 2020 atas pertanyaan dari masyarakat.

"Fatwa ini agar dapat dijadikan pedoman untuk pelaksanaan ibadah Salat Idul Fitri dalam rangka mewujudkan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, tetapi pada saat yang sama tetap menjaga kesehatan dan berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan Covid," jelas dia.

Adapun ketentuan pelaksanaan Idul Fitri di kawasan Covid -19 adalah:

1. Jika umat Islam berada di kawasan Covid-19 yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441 H, yang salah satunya ditandai dengan angka penularan menunjukkan kecenderungan menurun dan kebijakan pelonggaran aktivitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan ahli yang kredibel dan amanah, maka Salat Idul Fitri dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, musala, atau tempat lain.

2. Jika umat Islam berada di kawasan terkendali atau kawasan yang bebas Covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan (seperti di kawasan perdesaan atau perumahan terbatas yang homogen, tidak ada yang terkena Covid-19, dan tidak ada keluar-masuk orang), Salat Idul Fitri dapat dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, musala, tempat lain.

3. Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama jika ia berada di kawasan persebaran Covid-19 yang belum terkendali.

4. Pelaksanaan Salat Idul Fitri, baik di masjid maupun di rumah, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya potensi penularan. (*)