Gubernur Lampung Minta Masukan Pemimpin Redaksi Media

DL/01042020/Bandarlampung

---- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Lampung meminta masukan para pemimpin redaksi media dan insan pers Lampung dalam pertemuan di ruang rapat utama Gubernur, Rabu 1 April 2020.

Gubernur menegaskan bahwa ini perlu dilakukan dalam rangka memberikan sosialisasi tentang gugus tugas dan meminta masukan yang konstruktif dari media dalam penanganan dan pencegahan menularnya virus Corona – coronavirus dissaes 2019 (Covid-19).

“Saya memandang pertemuan ini penting yaa. Pertama agar media mengerti betul apa yang telah, sedang dan akan kami lakukan. Kedua kami minta banyak masukan teman-teman media, karena teman-teman berada diantara masyarakat dan kadang-kadang menerima langsung keluhan masyarakat,” ungkap Gubernur.


Setelah ini, pemerintah akan terus memberikan  data perkembangan situasi secara berkala dan cepat. “Ya memang pertemuan tidak dilakukan seperti ini terus, apalagi situasinya seperti sekarang ini. Tetapi kita satukan pandangan ke depan bagaimana sekarang kita harus berbuat. Kita harus satu arah.” Tambahnya.

Lampung sebagai daerah yang dekat dengan ibukota dan mempunyai peran penting bagi provinsi DKI Jakarta khususnya sebagai pemasok berbagai bahan pokok dan makanan.

Dengan situasi sekarang ini, terus diusahakan agar semua bisa tetap berjalan, meskipun ada kendala secara teknis. “DKI Jakarta sangat tergantung pada Lampung, dalam soal pemasok berbagai kebutuhan bahan pokok seperti Gula, Beras dan lain-lain. Posisi Jakarta saat ini sebagai daerah yang paling terdampak virus Corona. Jadi bagaimana kita harus berusaha tetap bisa menjadi mitra yang baik, sekaligus kita mampu mengendalikan penyebaran virus ini. Dua masalah yang semuanya penting,” ujar Arinal.

Gubernur menegaskan bahwa seluruh kekuatan provinsi akan dikerahkan untuk menghadapi situasi ini, namun  juga minta dukungan semua pihak, termasuk media yang menyampaikan warta secara proporsional.

Pada kesempatan itu beberapa pemimpin redaksi juga memberikan masukan tentang kerja teknis dan non teknis kepada pemerintah provinsi Lampung, diantaranya tentang informasi terpadu dengan juru bicara khusus yang menyampaikan perkembangan update tentang Covid-19.

Kemudian masukan dan mengingatkan tentang penanganan pra Ramadhan dan Idul Fitri serta beberapa hal lain yang menyangkut secara teknis.

Semua masukan ditampung dan diteruskan kepada stake holder terkait untuk dijelaskan maupun ditindak lanjuti.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Gubernur Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Kapolda Lampung, Danrem 043 Gatam dan Forkopimda lainnya serta beberapa kepala dinas. (tim)

Tags