Palembapang Wakili Kalianda Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten

DL/12022020/KALIANDA

----  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Lomba Desa serta Penilaian tiap kecamatan se- Kabupaten Lamsel.

Lomba desa di Kecamatan Kalianda tersebut dari 25 Desa dan 4 Kelurahan, desa Palembapang terpilih untuk mewakili lomba desa di Kecamatan Kalianda pada tahun 2020.

Dalam acara yang di hadiri Tim Penilai dari DPMD Lamsel, Camat Kalianda Zidan, Uspika, Kepala Desa (Kades) Sekecamatan Kalianda, BPD, LPM dan Tokoh Masyarakat Desa Palembapang. berlangsung di balai desa Palembapang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lamsel, Senin 10 Februari 2020.

Ketua Tim penilai (PMD) Nasron mewakili plt Bupati Lamsel mengatakan, Kegiatan lomba desa ini merupakan agenda nasional yang telah di tetapkan berdasarkan peraturan Menteri dalam negeri no 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

" Lomba desa ini memiliki peran sebagai evaluasi dan penilaian sejauh mana tingkat perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat desa, serta mengetahui capaian hasil kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Sementara Camat Kalianda Zaidan SE mengatakan, Kecamatan Kalianda merupakan jantung ibukota yang memiliki 25 desa dan 4 Kelurahan dan memiliki kurang lebih 80.000 jiwa sehingga sampai saat ini masyarakat di kecamatan Kalianda masih menaungi pemerintahan kabupaten Lampung Selatan di bawah pimpinan Plt Bupati Nanang Ermanto.

"Kegiatan seperti ini kami sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah sehingga kedepan kecamatan kalianda dapat menjadi lebih baik lagi," ungkapnya.

Menurut Kades Palembapang Hendryadi SE.MM,. menjelaskan dalam penilaian lomba desa ini tentunya penilaian dalam kinerja pemerintahan aparatur desa, administrasi, dan segala kegiatan PKK, penilaian PAUD, Perpusdes, dan peningkatan pemberdayaan sumber daya manusia, serta kebersihan giat gotong royong yang ada di desa.

"Selain itu, Hendry berharap dengan adanya lomba desa ini, kedepan untuk menjadi acuan, kinerja aparatur desa lebih baik lagi.

Hendry menambahkan dengan adanya lomba ini dirinya mengajak kepada masyarakat agar untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam Tanaman Obat Keluarga (Toga) ataupun obat-obatan yang bermanfaat." ungkapnya. (ris)

Tags