SIWO Kalsel Siap Fasilitasi Sarung Tinju Emas, Babel Golf

DL/08022020/Banjarmasin

---- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berlangsung di Banjarmasin Kalimantan Selatan, telah membahas berbagai program kerja sepanjang tahun 2020, termasuk di dalamnya mensosialisasikan pelaksanaan Porwanas di Jawa Timur akhir tahun ini.

Beberapa program besar SIWO PWI Pusat untuk menggelar pertandingan pertandingan olahraga prestasi. “Kami sudah menyusun program kerja seperti tahun sebelumnya, dan beberapa yang belum terlaksana, kami mencoba untuk bisa dilaksanakan pada tahun berikutnya,” kata Ari Wangsa, ketua umum SIWO PWI Pusat, Jumat 7 Pebruari 2020.

Pada pembahasan berkembang untuk lebih menseriusi beberapa kegiatan yang sangat mungkin bisa dihandle oleh SIWO Daerah. Diantara Sarung Tinju Emas (STE) dan Turnamen Golf Nasional.

Untuk dua kegiatan ini, disambut oleh dua daerah yang menyatakan akan mengambil event tersebut, diantaranya untuk STE yang kemungkinan akan dijajaki oleh SIWO Kalimantan Selatan, dan Turnamen Golf oleh SIWO Bangka Belitung.

Sekum SIWO Kalsel, Haji Arief, yang saat Rakernas ini ditunjuk sebagai Pimpinan Sidang menegaskan bahwa ada kemungkinan Kalimantan Selatan bisa menghandle program ini. “Saya tertarik untuk STE digelar di Kalsel. Ini akan coba kami bicarakan dengan pak Gubernur dan pemilik Sasana Tinju di sini.” Katanya.

Dalam sejarah SIWO Indonesia, STE memang sudah digagas sejak 1976.  Kalau itu dua tokoh muda wartawan Sumohadimarsis dari Jakarta dan Harun Muda Indrajaya ketua SIWO Lampung, yang menggagas diselenggarakannya STE dengan mengadopsi pola Golden Glove di Amerika.

Dan untuk pertama kalinya dilaksanakan di Ambon, tahun 1976.

Selain STE di Kalsel, satu event Kejuaraan Golf juga disanggupi untuk dilaksanakan di Bangka Belitung. Ini dinyatakan oleh Ketua SIWO Bangka Belitung, Rudi Syahwani, bahwa kemungkinan itu juga bisa dilakukan.

“Jika memang SIWO Pusat memberikan restunya ya kami siap. Untuk merekrut peserta dari Babel dan Sumatera, dan kemungkinan untuk daerah lain, tentu kami mohon kerjasamanya SIWO Pusat juga. Tetapi karena sarana dan prasarana kami di Babel cukup memadai maka kami menyatakan siap,” tutur Rudi optimistis.

Dua ketua SIWO daerah itu mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pihak pihak terkait di daerah masing-masing untuk merealisasikan program tersebut.

Sementara ketua SIWO Pusat, Gungde Ariwangsa, menyambut baik kesanggupan kolega yang ada di daerah untuk turut melaksanakan program tersebut.

“Terima kasih, kami tentu akan melakukan hal yang sama dengan teman-teman.  Yaitu berkoordinasi dengan pihak terkait yang kemungkinan bisa bekerjasama dengan kita. Dan supporting untuk daerah pasti akan kami lakukan.” Ujarnya.

Beberapa program lainnya juga masih dikaji ulang tentang pelaksana dan waktu pelaksanaannya. (don)

Tags