Anak Metro Tambah Satu Emas Indonesia di SEA Games

DL/02122019/Bandarlampung

Kabar baik dari Manila di arena South East Asia (SEA) Games, dimana Indonesia menambah satu medali emas dari cabang olahraga Angkat Besi, Eko Yuli mampu mempersembahkan medali emas dengan kemenangan selisih angkatan dari lifter Vietnam di kelas 61 Kilogram, Senin 2 Desember 2019.

Eko Yuli Irawan, anak Metro Lampung menyumbang medali emas untuk Indonesia. Dia sukses meraih medali emas di kelas 61 kg putra usai mencetak skor 140. Meski meraih medali emas, performa Eko kali ini bisa dibilang kurang mulus.

Pada kategori snatch percobaan pertama, Eko sempat gagal. Ia tidak sanggup mengangkat beban seberat 135 kg.

Kegagalan itu dibayar lunas Eko di percobaan kedua. Kemudian pada percobaan ketiga, peraih medali perak Olimpiade 2016 itu sukses mengangkat beban seberat 140 kg.

Indonesia Posisi Ketiga

 Kontingen Indonesia untuk sementara berada di posisi ketiga SEA Games 2019 dengan perolehan enam emas dari total 22 medali hingga Senin 2 Desember 2019 sore ini.
Indonesia berhasil meraih lima medali emas tambahan hingga pukul 15.00 WIB. Sebelumnya tim Merah Putih sudah meraih satu emas lewat Polo Air putra.
Perolehan medali emas Indonesia masing-masing dari cabang olahraga angkat besi (dua emas), duathlon (satu emas), dan menembak (dua emas).
Dua medali emas dari angkat besi dipersembahkan Eko Yuli dan Windy Cantika Aisah. Eko sukses menyabet emas di nomor 61 kilogram putra sementara Windy di nomor 49 kilogram putri.

Sementara dua medali emas lainnya datang dari cabor menembak. Rio Danu Utama Tjabu dan Tirano Baja menjadi juara pada laga final di Marine Corps Training Center.
Rio Tjabu merebut medali emas setelah menjadi pemenang di nomor WA 1.500 precision pistol contest putra. Sementara Tirano Baja jadi juara di nomor mixed benchrest light varmint putra.

Indonesia sebenarnya meraih satu medali emas melalui Dwi Cindy Desyana dari cabang olahraga dance sport nomor women breaking.
Namun, medali emas Cindy tidak masuk tabel perolehan medali karena negara peserta dalam nomor ini kurang dari syarat minimal peserta, yaitu empat negara. Cabor ini dianggap sebagai eksebisi.

Perolehan medali di SEA Games 2019 pada Senin (2/12) petang: (5 emas, 4 perak, 3 perunggu)
MEDALI EMAS
1. Duathlon Putra Individu: Jauhari Johan
2. Angkat Besi Putri 49 kg: Windy Cantika Alisah
3. Shooting-Mixed Benchrest Air Rifle (Light Varmint): Tirano Baja
4) Shooting-Men's WA 1500 PVC: Rio Danu Utama Tjabu
5) Angkat Besi Putra 61 kg: Eko Yuli Irawan
MEDALI PERAK
1. Wushu-Men's Taolu Nandao/Nangun Combine: Haris Horatius
2. Shooting-Men's 10 m Air Rifle: Fathur Gustian
3. Cycling-MTB Downhill: Tiara Andini Prastika
4. Shooting-Men's WA 1500 PVC: Safrin Sihombing
MEDALI PERUNGGU
1. Pencak Silat-Men's Single: Dino Bima Sulistianto
2. Shooting-Mixed Benchrest Air Rifle (Light Varmint): Wahyu Aji Putra
3. Cycling-MTB Men's Downhill: Andy Prayoga. (tim)

Tags