Plt Bupati Mesuji Inspektur Upacara HUT RI

DL/29102019/Mesuji

---- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji menggelar Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) Tahun 2019, dimana upacara tersebut berlangsung khidmat dan damai, di halaman Kantor Bupati Mesuji, Wiralaga Mulya, Sabtu 17 Agustus 2019.

Dimana yang bertindak sebagai Inspektur upacara Plt Bupati Mesuji Hi Saply TH, diikuti oleh seluruh pegawai PNS dan non PNS di lingkup Pemkab Mesuji dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) serta seluruh undangan lainnya.

Upacara detik-detik Proklamasi ditandai dengan dibunyikan sirine secara serentak, dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Fuad Amrulloh, dan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Mesuji, bertugas sebagai pembawa baki bendera merah putih adalah Siti Munawaroh dari SMK Bintang Sembilan, Kecamatan Tanjung Raya.

Upacara diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non PNS pada lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji, Polres Mesuji, Kodim 426-01/Mesuji, Satpol PP, Pemadam Kebakaran Kabupaten Mesuji, organisasi kemasyarakatan, guru, pelajar, pramuka, kepala desa, dan perangkat desa.

Usai upacara, dilakukan penyerahan mendali dan piala bagi para pelajar berprestasi asal Mesuji di tingkat provinsi dan nasional, penyerahan bantuan tiga unit mobil operasional dari Kementerian Desa PDTT bagi tiga BUMDes, serta penyerahan piala lomba dalam rangka peringatan Kemerdekaan RI.

Untuk Penyerahan mendali dan piala di berikan langsung oleh Plt. Bupati Mesuji Hi. Saply TH ,yang pertama Agung Syaputra dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Mesuji Timur meraih medali emas cabang kids atletic kategori formula 1 pada olimpiade olahraga siswa Nasional O2sn tingkat Provinsi Lampung.

Yang kedua Sinta Ayuna dari sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Mesuji Timur meraih medali emas cabang kids atletic kategori formula 1 pada olimpiade olahraga siswa Nasional O2SN tingkat Provinsi Lampung, yang ketiga Aurelia Talita Kirana dari sekolah dasar Negeri (SDN) 6 Tanjung Raya meraih mendali perak pada olimpiade Sains Nasional (OSN) mata pelajaran matematika tingkat provinsi Lampung, dan merupakan wakil Provinsi Lampung pada OSN tingkat Nasional di Yogyakarta.

Kemudian M. Daffa Satria Ammar Habibi dari sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 2 Mesuji, juara ke- 1 festival lomba seni siswa Nasional tingkat Provinsi Lampung, kategori design poster dan merupakan Provinsi Lampung pada FLS2N tingkat Nasional di Banten, dan yang terakhir Lailatul Salsabila dari sekolah dasar negeri (SDN) 7 Mesuji, meraih juara ke-3 EFLS2N tingkat Provinsi Lampung kategori Kriya Anyam tingkat provinsi Lampung.

Selanjutnya penyerahan juara ke-3 tingkat provinsi Lampung pelaksana gotongroyong terbaik, jatuh kepada desa Fajar Indah.

Kemudian penyerahan dana alokasi khusus avirmarsi bidang transportasi tahun 2019 dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Republik Indonesia, dengan kendaraan mobil merk Toyota Hailux untuk tiga desa yang pertama, Bumdes Bandung Laga dari desa Sukamaju kecamatan Mesuji, kedua Bundes Sumber Karya dari desa sidang Iso Mukti kecamatan RJU, dan ketiga Bumdes Jaya Mandiri dari desa Pangkal Mas Jaya kecamatan Mesuji Timur.

Dan untuk kegiatan Pemkab Mesuji dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT)RI ke -74, melaksanakan kegiatan lomba tenis meja tingkat satuan kerja, dimana yang meraih juara ke-1 ialah Hendra Kurniawan dari Dinas PMD Mesuji, Juara ke-2 diraih oleh Parno dari bagian Umum dan perlengkapan, dan juara ke-3 diraih oleh Hendri dari kecamatan Mesuji.


Plt Bupati Saply TH dalam sambutannya mengatakan, dari 28 anggota Paskibraka yang dikukuhkan adalah putra-putri terbaik yang ada di Kabupaten Mesuji.

Pengukuhan ini adalah tonggak sejarah bagi perjalanan hidup karena selain mampu lolos seleksi menjadi Paskibraka Kabupaten Mesuji, juga menyelesaikan seluruh tahapan untuk lolos seleksi latihan dengan baik.

Acara detik-detik proklamasi Kemerdekaan hari ini selesai pada pukul 10:45 wib dan dilanjutkan acara sesi pembagian piala penghargaan untuk para pemenang dari berbagai lomba yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Mesuji dan dilanjutkan pemotongan nasi tumpeng dan foto bersama seluruh pejabat yang ada di pemerintahan Mesuji.

Plt Bupati Saply pada kesempatan itu berharap melalui momentum HUT ke-74 Republik Indonesia ini agar tetap selalu damai, serta untuk wilayah Kabupaten Mesuji selalu aman.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji mengucapkan selamat HUT ke-74 Republik Indonesia. Kami mendoakan Indonesia pada umumnya tetap damai, serta khususnya Kabupaten Mesuji aman selalu.

Sementara  pada upacara penurunan bendera bertindak sebagai inspektur upacara adalah Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Indra Kusuma Wijaya dan komandan upacara Pasi Intel Kodim 0426/Tulang Bawang Kapten Inf. Sutio.

Kemudian Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Enggar Cahyadi menerangkan petugas pengibar bendera pada upacara HUT RI peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus pada tahun 2019 dibawakan oleh siswa dan siswi terbaik dari tujuh kecamatan yang ada di kabupaten Mesuji yang telah lulus seleksi dan pelatihan.

Petugas Paskibraka pada upacara 17 Agustus tahun 2019 yang digelar Pemkab Mesuji adalah Nesta Firdaus dari SMAN1 Simpang Pematang, Muhammad Indra Bangsawan dari SMAN 1 Tanjung Raya dan Agung Juprianto SMAN1 Tanjung Raya. Sedangkan yang membawa baki bendera penaikan Siti Munawaroh dari SMK Bintang 9.

Sedangkan pada upacara penurunan Bendera yang bertugas membawa baki bendera yaitu Anisa Dwi Ariyanti SMK N 1 Tanjung Raya, dari 28 orang Paskibraka yang dikukuhkan telah mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 12 hari yang bertugas menjadi pengibar sang saka merah putih di upacara peringatan detik-detik Proklamasi pagi dan penurunan bendera pada 17 Agustus 2019 sore harinya. (Rosyid)

Tags