Juve Tersingkir Dari Copa Italia 2019

DL/31012019/Bandarlampung

----- Tak ada gading yang tak retak, tak ada kekuatan yang sempurna. Maka berakhir sudah perjalanan Juventus di ajang Coppa Italia. Bertindak sebagai juara bertahan, skuat asuhan Massimiliano Allegri tersebut harus bertekuk lutut di hadapan Atalanta dengan skor 3-0 dalam laga perempat final hari Kamis 31 Januari 2019 tadi seperti dirilis bola.net.

Dua gol dari Timothy Castagne dan Duvan Zapata pada babak pertama menjadi mimpi buruk untuk Bianconeri. Lima menit jelang bubaran, Zapata menutup harapan Juventus menyamakan kedudukan dengan gol ketiga untuk Atalanta.

Dengan demikian, maka Atalanta dinyatakan sebagai peserta babak semi-final yang sah. Pada babak tersebut, tim besutan Gian Piero Gasperini itu akan menghadapi Fiorentina yang menyingkirkan AS Roma dengan skor telak 7-1.

Babak Pertama

Juventus memulai pertandingan yang berlangsung di Atleti Azzuri dItalia itu dengan sedikit berantakan. 10 menit awal permainan, Atalanta terus memberikan masalah pada sang juara bertahan Serie A tersebut. Untungnya, lini pertahanan Juventus masih sanggup membendungnya.

Pada menit ke-24, peluang berbahaya tercipta dari kaki para pemain Atalanta. Papu Gomez berhasil melakukan tusukan di kotak penalti dan melepaskan tembakan rendah ke gawang Juventus. Kiper Juve, Wojciech Szczesny, bahkan sampai harus melakukan penyelamatan apik untuk menghalau ancaman tersebut.

Pada menit ke-26 dan 27, kedua tim terpaksa melakukan pergantian pemain. Bek Juventus, Giorgio Chiellini, dan penyerang Atalanta, Josip Ilicic, harus ditandu keluar lapangan karena mengalami cedera. Mario Pasalic dan Joao Cancelo masuk menggantikan keduanya.

Kedudukan lalu berubah pada menit ke-37. Timothy Castagne jadi mimpi buruk untuk Juventus. Setelah sukses merebut bola dari Cancelo, ia lalu menyerang ruang kosong yang terbuka di lini belakang Juventus. Tembakan rendah yang ia lepaskan berhasil melesak masuk ke gawang Szczesny. 1-0 untuk Atalanta.

Dua menit berselang, giliran Duvan Zapata yang membubuhkan namanya di papan skor untuk Atalanta. Sebuah tembakan keras yang ia lepaskan tak mampu dihalau oleh Szczesny, membuat Atalanta kini unggul dua gol dari Juventus. 2-0.

Juventus sendiri tidak tinggal diam begitu kebobolan dua gol dalam kurun waktu yang cepat itu. Sayangnya, Atalanta sudah terlanjur memasang pertahanan kuat. Hingga wasit mengakhiri babak pertama, skor 2-0 untuk keunggulan Atalanta tidak berubah.

Babak Kedua

Upaya Juventus untuk mengejar ketertinggalan kembali berlanjut di babak kedua. Pada menit ke-55, Rodrigo Bentancur mendapat bola muntah di luar kotak penalti dan langsung melepas tembakan keras. Sayang masih melambung di atas gawang.

Bianconeri tampil lebih dominan pada babak kedua, tapi masih kesulitan untuk menerobos pertahanan Atalanta. Massimiliano Allegri coba menambah daya serang dengan memasukkan Douglas Costa. Namun tak ada peluang berarti yang tercipta hingga menit ke-67.

Juventus nyaris mencetak gol! Pada menit ke-68, setelah kemelut terjadi di depan gawang Atalanta akibat situasi sepak pojok, Sami Khedira mendapat ruang untuk melepas tembakan voli. Sayangnya, Etrit Berisha masih sigap menghalaunya.

Duvan Zapata lalu menghapus harapan Juventus dengan mencetak gol keduanya lima menit jelang bubaran. Blunder dari Matteo De Sciglio membuat penyerang asal Kolombia tersebut mendapat ruang bebas untuk menjebol gawang Szczesny. 3-0 untuk Atalanta.

Jelas, sisa waktu lima menit tidak cukup bagi Juventus untuk mengejar ketertinggalan. Begitu wasit meniupkan peluit panjang, Juventus dinyatakan kalah dengan skor 0-3 dan dipastikan tersingkir dari Coppa Italia.

Susunan Pemain

Atalanta (3-4-2-1): Etrit Berisha; Jose Luis Palomino (Andrea Masiello 89), Rafael Toloi, Berat Djimsiti; Remo Freuler, Hans Hateboer, Marten de Roon (Robin Gosens 90), Timothy Castagne; Alejandro Gomez, Josip Ilicic (Mario Pasalic 27); Duvan Zapata.

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio, Alex Sandro, Daniele Rugani, Giorgio Chiellini (Joao Cancelo 27); Blaise Matuidi, Sami Khedira (Miralem Pjanic 71), Rodrigo Bentancur; Paulo Dybala (Douglas Costa 61), Federico Bernardeschi, Cristiano Ronaldo. (*)