Antisipasi Hama Tikus, Tiyuh Pulung Kencana Budidayakan Burung Hantu

DL/16052019/Tubaba

--- Salah satu Program Tiyuh Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat, Tahun 2019 akan membudidayakan penangkaran Burung Hantu yang nantinya diharapkan dapat mensejahterakan petani di bidang persawahan.

Kepala Tiyuh Pulung Kencana Hendrawan mengatakan, kita selalu mendengar keluhan dari masyarakat bidang persawahan bahwa tanam tumbuh padi mereka selalu di serang oleh hama Tikus mengakibatkan hasil panen petani kadang gagal ataupun menurun.

" Untuk itu, kita akan mengadakan penangkaran Burung Hantu yang nantinya akan kita buatkan Sangkar  dan akan kita diletakkan di blok perasawahan. Untuk pertama akan kita buat 50 sangkar burung hantu dulu, " kata Hendrawan, Kamis 16 Mei 2019.

Selanjutnya, dalam satu blok persawahan yang biasanya terdiri dari 150 sampai 200 hektar lahan persawahan. “Untuk pertama akan kita buatkan 50 sangkar dan akan kita atur peletakannya dalam satu blok persawahan, Insyaallah di tahun 2019 ini akan terealisasi dengan menggunakan anggaran Dana Desa.” Katanya.

" Sebelumnya akan kita hitung dulu berapa anggaran yang akan kita pakai untuk merealisasikan penangkaran Burung Hantu tersebut, " lanjut Hendrawan.

Kita berharap dengan cara ini dapat mampu mencegah serangan hama Tikus sekaligus meningkatkan produktivitas pertanian bidang persawahan di Tiyuh Pulung Kencana ini.

" Jika sudah terlaksana, nanti kita akan buat peraturan Tiyuh untuk mengantisipasi pemburuan liar Burung Hantu. Bila ada oknum Pemburu liar contohnya penembakan terhadap Burung Hantu di Tiyuh pulung kencana, akan kita jerat hukum ataupun denda, " ungkapnya. (Heri)