X

*** TERIMA KASIH ANDA TELAH SAKSIKAN DETIKLAMPUNG STREAMING TV SETIAP HARI ***      *** Video on Demand kami siapkan atas saran & permintaan masyarakat pembaca setia detiklampung.com *      MOHON MAAF SELAMA SEPEKAN, KAMI TIDAK DAPAT DIAKSES KARENA SEDANG ADA PERBAIKAN. NAMUN SAAT INI SUDA      

Kiprah Anak-anak Lampung Selatan di Jakarta Diawali dari FB

  • Ingin Angkat Nama Lampung Selatan

    CENGKARENG / DL

    --- Jika niatnya berbuat baik, maka dimana saja bisa dilakukan. Dengan cara apapun dan usaha yang semampunya. Niat baik sepertinya tidak cukup hanya dipendam di dalam hati, namun harus diungkapkan dan dilakukan dengan perbuatan.

    Inilah yang menjadi pegangan anak-anak “perantau” yang berasal dari Lampung Selatan di Jakarta. Ternyata menjadi perantau bukanlah posisi yang sulit untuk berbuat baik. Ini sudah dibuktikan oleh anak-anak kelahiran Lampung Selatan meski bukan etnis Lampung seluruhnya.

    Adalah Dedi Iskandar, yang dilahirkan di Lampung Selatan, 9 Desember 1986. Dedi ditakdirkan sebagai anak Indonesia tulen, ayah dari Ciamis dan ibu dari Kebumen Jawa Tengah.

    Sekarang Dedi tinggal di Jln. Tumaritis RT/06 RW/014 Kampung Rawa Kedaung, Cengkarang – Jakarta – Barat, yang akhirnya menjadi markas besar KALS – Komunitas Anak Lampung Selatan.

    Sebagai pendiri KALS, Dedi punya banyak cerita dan keprihatinan. “Awalnya memang iseng saja. Karena sebagai perantau, saya kepingin ada teman banyak. Terutama yang berasal dari daerah kelahiran saya. Pemikiran ini kemudian saya tuangkan dalam konsep berteman melalui media sosialita, Facebook. Sekitar akhir September 2010 saya mulai. Tetapi ya masih begitu-begitu saja, dan sempat vacuum,” ungkap Dedi.

    Sampai sekitar tahun 2012, baru mulai ada tanda-tanda ramai berkawan dalam grup KALS di facebook. Dedi bersama beberapa personil seperti Hendy Wiranata sepupunya, Dwi Bowo, Darsino, Yoni Prasiyo, Noviatun dan Eha mulai membicarakan program dan visi misi KALS.

    Mengadakan pertemuan tidaklah sulit bagi mereka, karena berada di satu tempat yang sama. Dan akhirnya menggagas  visi dan misi yakni mewujudkan budaya toleransi, sosialisasi dan perdamaian. “Dan akhirnya langkah kami berpedoman pada visi dan misi itu terus mengalir saja.” Tambah Dedi.

    Saat itu mereka memposting sebuah rancangan jaket KALS di grup. Ternyata pemesannya dalam waktu singkat ada 60-an. “Wah semangat. Setelah jaket selesai, kami merencanakan gathering dengan teman-teman di dunia maya itu. Tujuannya adalah silaturahmi yang tadinya hanya berhubungan lewat media sosial, kini akan jumpa darat.” Ungkap Dedi.

    Rencanakan Kegiatan Sosial

    Dalam pertemuan perdana itu ternyata responnya para anggota KALS positif. Dari sinilah kemudian beberapa orang menjadi penggiat KALS dalam beberapa program sosial apa yang bisa dilakukan bersama.

    Alhamdulillah pertemuan itu direspon sangat baik oleh meraka, dan pada akhirnya kami pun mengundang beberapa orang dari mereka untuk mengadakan musyawarah untuk langkah kedepannya, “ Tambah Ketua KALS itu.

    Setelah itu KALS bahkan sangat sibuk dalam agenda kegiatan sosialnya dengan kebersamaan para pengurus dan anggotanya. Terutama untuk kegiatan sosial anak-anak Lamsel ini menyatakan ingin terus mengikatkan program lebih dan lebih baik lagi, khususnya untuk anggota KALS umumnya untuk Lampung dan orang-orang yang berada di sekitar mereka.

    KALS – Komunitas Anak Lampung Selatan yang berada di Jakarta yang ingin mengharumkan nama Lampung dengan mewujudkan budaya TSP- Toleransi, Sosialisasi & Perdamaian. “Karena kami rasa nama Lampung sangat miris di luar daerah terkenal dengan yang namanya kriminal, dan walau kami tau, untuk mewujudkan visi dan misi itu bukan hal yang mudah, tapi bagi kami juga bukan hal yang tidak mungkin, kami akan terus berusaha untuk mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi kami.” Kata Dedi. (DON)

    Keterangan gambar:

    beberapa kegiatan sosial KALS pada saat bhakti sosial ditengah kebakaran di Jelambar dan memberikan bantuan di sebuah lokasi yang kebanjiran. Serta beberapa dokumentasi pertemuan rutin anggota dan pengurus KALS.

    Kantor Sekretariat :

    Jln. Tumaritis RT/06 RW/014 Kampung Rawa Kedaung Cengkarang – 11730 Jakarta – Barat Telp. 021- 9669 0535 – 0812 1050 5080 : E-mail Kals.lamselku@gmail.com