Cara Mencegah Belang di Wajah Akibat Jilbab

12 Maret 2014

Sama seperti bagian kulit lainnya yang terekspos matahari terlalu lama, akan berakibat rona kulit tidak rata. Tak terkecuali area wajah bagi mereka yang mengenakan jilbab.  Tentunya hal ini bisa mengganggu rasa percaya diri.

Tak perlu risau, simak 4 langkah berikut untuk mencegah belang muncul lagi di wajah.

1.  Penyebab utama munculnya rona kulit yang tidak rata adalah paparan sinar ultraviolet pada kulit yang tak dilindungi oleh tabir surya. Nah, bila selama ini Anda sudah merasa telah mengenakan tabir surya, kemungkinan besar tabir surya yang Anda pakai kurang tinggi SPFnya. Idealnya adalah mengenakan SPF 35 ke atas untuk Anda yang setiap harinya terkena paparan langsung matahari di perjalanan menuju kantor atau tempat beraktivitas.

2. Coba cek pelembab Anda. Sebaiknya pilih yang bisa memberikan perlindungan ekstra bagi kulit wajah terhadap radikal bebas, dan sinar matahari.  Artinya pelembab tak hanya mengandung SPF tapi juga mengandung nutrisi untuk mencerahkan kulit wajah. Selain itu juga memiliki kandungan aktif zat anti penuaan dini. Sebab, kulit yang sering terpapar sinar matahari, membuat sel kulit bekerja keras dan metabolisma sel kulit akan terhambat sehingga pembentukan kolagen pun pun melambat. Inilah yang menyebabkan kulit lekas kusam dan bila dibiarkan akan muncul garis halus dan terbentuklah kerut. Seram ya? Oleh sebab itu pilih yang cerdas. Tak harus mahal kok. Pilih yang mengandung niacinamide, gliserin, dan panthenol karena terbukti bisa merangsang kelembapan alami kulit, sekaligus mencerahkan kulit. Ketiga kandungan tersebut bisa ditemui di Olay Total Effects anti Ageing + Fairness cream.

3. Scrub wajah secara rutin. Kadang tanpa disadari, kita membiarkan sel kulit kulit mati menumpuk di wajah. Apalagi bila setiap hari Anda mengenakan riasan. Maka melakukan scrubbing perlu rutin, setidaknya dua kali seminggu. Hal ini untuk mencegah sebum menumpuk di wajah, produksi minyak berlebih, dan kulit kusam. Sebab kulit mati yang dibiarkan menumpuk, akan menyebabkan masalah baru dan membuat rona kulit nampak tidak merata.

4. Bila kulit Anda normal, lakukan juga eksfoliasi semingu sekali. Bila kulit Anda tergolong sensitif, cukup lakukan sebulan sekali. Cara ini bisa membantu proses regenerasi kulit secara normal, sehingga rona kulit pun merata.

5. Minum Vitamin E. Kita semua tahu bahwa vitamin E sangat baik untuk membuat kulit selalu prima. Artinya, vitamin E membantu melancarkran metabolisme kulit, membuat kulit awet muda lebih lama, serta menjaga elastisitasnya sekaligus ronanya agar merata. Nah, mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin E seperti bayam, kacang almond, sawi, brokoli, dan biji bunga matahari, bisa menambah asupan vitamin bagi tubuh.

Bila gaya hidup Anda sibuk dan sering tak seimbang gizi, silakan mengonsumsi vitamin E dalam bentuk kapsul agar praktis.

Selamat mencoba, dan rasakan bedanya!