Pentingnya Minum Kopi Untuk Si Pelupa

12 Maret 2014

DREAMERSRADIO.COM

Kabar baik untuk kamu yang pelupa! Sebab baru-baru ini sebuah penelitian menyatakan bahwa ada satu hal cukup simple untuk meningkatkan memori otak, yaitu dengan minum kopi!

Yap, menurut sebuah penelitian baru yang diterbitkan oleh jurnal Nature Neuroscience, kandungan kafein yang kebanyakan terdapat dalam kopi dapat membantu meningkatkan memori otak hingga 24 jam setelah dikonsumsi.

Penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University ini mengambil contoh dari sekelompok orang yang tak biasanya mengonsumsi kafein dan meminta mereka untuk mengingat beberapa gambar dan memberikan mereka 200 mg tablet kafein.

Setelah kadar kafein mereka normal keesokan harinya,  sekelompok orang tersebut pun diminta untuk kembali dan diuji kemampuannya untuk mengenali gambar yang telah mereka pelajari kemarin harinya. Ternyata orang-orang yang masuk dalam grup kafein dapat dengan mudahnya mengenali gambar yang sama.

Asisten professor psikologi dan ilmu otak di Krieger School of Arts and Science di Johns Hopkins University, Michael Yassa, Ph. D mengatakan, “Hampir semua murid telah diberikan kafein sebelum sesi belajar, sehingga jika ada peningkatan, tak jelas jika hal tersebut dikarenakan efek kafein, kewaspadaan, atau fokus, atau faktor lainnya.”

“Dengan memberikan kafein setelah percobaan, kami baru dapat menyingkirkan semua efek  tersebut dan memastikan jika ada peningkatan di memori,” lanjutnya dilansir Woman’s Health.

Namun dengan ini para peneliti juga masih melanjutkan penelitian mereka untuk benar-benar memastikan jika benar adanya penambahan memori otak setelah mengonsumsi kafein. Wah, untuk kamu yang suka kopi, ini akan menjadi kabar yang baik nih Dreamers!

(ncl)