Terkait Mundurnya PON, KONI Pusat Akan Rapat Virtual Dengan Ketua KONI Se Indonesia

DL/11052020/Bandarlampung

--- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melalui Surat nomor 484/UMM/IV/2020 tertanggal 4 Mei 2020 yang ditanda tangani Sekretaris Jenderal Drs Tb. Ade Lukman D, MEMOS, mengundang seluruh ketua KONI se- Indonesia untuk mengikuti rapat via Video Conference pada Selasa, 12 Mei 2020.

“Percobaan dan simulasi sudah dilakukan pada 6 Mei lalu dan sukses, untuk dilanjutkan pada hari H,” kata Bery Salatar, Wakil Sekretaris KONI Lampung, Senin 11 Mei 2020.

Menurut Bery, rapat ini difokuskan untuk membahas soal penundaan pelaksanaan PON XX. “Teleconference akan dilakukan besok, Selasa 12 Mei 2020 pada pukul 10.00 hingga 11.30 wib. Pembahasan rapat koordinasi ini salah satunya adalah tentang penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga nasional (PON) ke-XX di Papua,” tambah Bery.

Sementara itu, Ketua Umum KONI provinsi Lampung, Yusuf Barusman menegaskan bahwa rapat itu memang cukup penting dalam situasi sekarang ini, karena daerah-daerah tentu akan saling membuka persoalan masing-masing.

“Pandemi ini kan global. Jadi seluruhnya terdampak, maka bagaimanapun sikap Lampung tetap akomodatif dengan keputusan yang akan diambil Pusat terkait dengan situasi yang berlangsung sekarang ini. Tentu kita tidak mungkin melakukan kreativitas lain kecuali mengikuti alur KONI Pusat saja,” tuturnya.

Meskipun secara pasti sudah diputuskan oleh pemerintah pusat tentang waktu PON ke-XX, namun demikian KONI Pusat memandang perlu untuk diberikan masukan-masukan dari KONI Provinsi se Indonesia.

“Ya langkah majunya, kita memang harus sering berkomunikasi terbuka, sehingga masalah seberat apapun mudah-mudahan lebih ringan. Dan mudah-mudahan juga Pandemi Covid-19 segera berakhir, dan kita semua kembali berlatih sesuai dengan kebutuhan masing-masing atlet,” Ungkap Yusuf.

Yusuf Barusman menegaskan bahwa Lampung tetap akan melakukan persiapan sesuai dengan program yang sudah disusun, meskipun harus ada revisi di sana-sini. “Ya saya tetap meminta atlet semuanya menjaga stamina dan kebugaran. Meskipun berada ditengah wabah Corona, anak-anak diharapkan bisa tetap berlatih di rumah,” tambahnya. (hmskoni) 

Tags