Mesuji Gelar Pelatihan Awal Jabatan Kades Terkait ADD

DL/26022020/Mesuji

--- Bupati Mesuji Hi. Saply. TH., menegaskan bahwa Kepala desa memiliki makna strategis. Karena itu akan dibekali kemampuan untuk menjalankan roda pemerintahan di desa.

Pemerintah Daerah memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan agar tugas dan tanggung jawabnya  kepala desa bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Ini diungkapkan Bupati dalam rangka Pelatihan Awal Masa Jabatan Kepala Desa Terpilih di di Balai Desa Gedung Ram, Kecamatan Tanjung Raya, Mesuji Selasa 25 Pebruari 2020.

“Pelatihan ini merupakan bentuk pembinaan dari Pemeritah Daerah dan salah satu faktor pendukung maju-mundurnya suatu desa dibutuhkan peran dari kepala desa dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan tertinggi di desa,” terangnya.

Saply juga berpesan agar seluruh kepala desa harus mengerti hak dan kewajibannya. Untuk itu Dia berharap, melalui pelatihan yang dilaksanakan oleh DPMD ini, kedepan mampu menambah wawasan serta meningkatkan kinerja kepala desa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mesuji Sunardi Nyerupa.SE., menegaskan bahwa untuk memaksimalkan pembangunan di Desa, seorang Kepala Desa, tentunya harus mampu menguasai dan mengetahui aturan, serta tatacara mengelola Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Terutama bagi kepala desa yang baru saja terpilih pada Pilkades serentak tahun 2019 kemarin di Mesuji.

Dijelaskan Sunardi, Kepala Desa merupakan ujung tombak, pelopor pembangunan di desanya. Oleh sebab itu, kepala desa perlu mendapatkan wawasan dan pengetahuan untuk menambah dan meningkatkan pengetahuannya khususnya dalam hal mengelola DD, agar pembangunan di desanya lebih maksimal.

“Ada 20 kepala desa dari 21 yang mengikuti pelatihan hari ini, satu kepala desa tidak hadir di karenakan lagi sakit DBD, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari sampai Rabu 26 Pebruari 2020. Kepala Desa yang berhalangan hadir yaitu Kades Sungai Badak, Kecamatan Mesuji karena sedang sakit dan di rawat di RS Urip Sumohardjo, Bandar Lampung,” jelas Sunardi.

Selain dihadiri 20 Kades terpilih tahun 2019, kegiatan itu juga dihadiri Bupati Mesuji Hi. Saply.TH., Kapolres Mesuji AKBP. Alim.SH.S.IK., Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Mesuji Drs. Edison Basyid Habibi, Ketua TPKK Mesuji Hj. Nellywati Saply, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Mesuji. (sup)

Tags