KA Kuala Stabas Premium Siap Layani Arus Mudik Lampung - Baturaja

12 Juni 2018 - 05:26:04 | 378 | BERITA DAERAH

DL/12062018/Bandarlampung

---- Kereta Api (KA) Kuala Stabas Premium dengan rute Baturaja-Tanjung Karang PP diresmikan operasionalnya. Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno memimpin peresmian KA tersebut untuk mendukung layanan angkutan Lebaran 2018 di Stasiun Besar Tanjung Karang, Senin 11 Juni 2018.

Didik mengungkapkan beroperasinya KA Kuala Stabas selain untuk peningkatan layanan transportasi kepada masyarakat juga sebagai solusi untuk mengatasi kepadatan transportasi yang selama ini terjadi di jalur darat. 

"Kita berharap semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api ini sebagai pilahan transportasinya karena tidak hanya harganya terjangkau fasilitasnya pun sangat nyaman," ujar Didik. 

Pengoperasian kereta ini sekaligus juga untuk menghidupakan perekonomian masyarakat baik di Provinsi Lampung juga untuk kawasan di daerah Baturaja. 

Dalam kesempatan ini, Plt. Walikota Bandar Lampung Yusuf Kohar sangat mengapresiasi upaya Pemprov Lampung dan PT. KAI yang melakukan terobosan. Ia berharap perkeretaapian di Provinsi Lampung semakin maju. 

Kepala Divisi regional IV Tanjung Karang, Suryawan Putra mengungkapkan bahwa penambahan kereta baru juga untuk menepis anggapan, selama ini kereta di Sumatera adalah kereta bekas dari Jawa. "Kereta ini menjawab anggapan bahwa selama ini kereta di Sumatera adalah bekas dari Jawa," ungkapnya. 

Ia berharap agar KA dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan tranportasi massal yang bebas macet, ramah lingkungan dan rendah polusi. 

Saat peresmian, Didik didampingi Kadis Perhubungan Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan melakukan peninjauan KA serta perjalanan hingga Stasiun Branti. "Kereta ini sangat nyaman seperti kereta Argo Lawu," ujarnya usai turun dari kereta. 

Adapun ongkos naik kereta ini terhitung tanggal 12 Juni 2018, PT. KAI menjual tiket Tanjungkarang Martapura dan Baturaja atau sebaliknya dengan tarif promo yakni Rp75 ribu. 

Adapun titik pemberhentian yakni di Stasiun Tanjungkarang, Rejosari, Kotabumi, Martapura dan Baturaja. Sementara untuk rute Martapura-Baturaja tarifnya Rp20 ribu, Tanjungkarang-Rejosari Rp30 ribu, Kotabumi - Tanjungkarang Rp30 ribu, Rejosari - Kotabumi Rp30 ribu, Baturaja-Kotabumi Rp45 ribu, dan Martapura-Kotabumi Rp45 ribu.

KA Kuala Stabas merupakan KA yang dibuat oleh PT. INKA (Industri Kereta Api) yang didatangkan pada tanggal 4 Maret 2018. KA pertamakali diujicobakan pada tanggal 21 Maret dengan rute Tanjung Karang-Kotabumi PP, dan selanjutnya untuk mendukung angkutan Lebaran 2018.

Diujicobakan pengoperasiannya melayani penumpang mulai tanggal 5 Juni 2018 dengan rute Tanjungkarang (Lampung) - Baturaja (Sumsel) PP. 

Dengan kapasitas 640 tempat duduk, KA Kuala Stabas dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas  untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang di antaranya CCTV, Wifi, AC central, reclyining seat, televisi layar datar, dan support untuk orang berkebutuhan khusus (difable). (ver)