DPD PDIP Lampung Tes Assesment Bacaleg Online

07 Juni 2018 - 22:09:51 | 49 | POLITIK

DL/07062018/Bandarlampung

---- DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung menggelar tes assesment atau untuk mengetahui kemampuan bakal calon legislatif (bacaleg). Pelaksanaannya dijadwalkan tiga hari, Kamis hingga Sabtu, 6-9 Juni 2018.

Sekretaris DPD PDIP Lampung, Mingrum Gumay mengatakan, assesment dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan dari masing-masing bacaleg.

“Jadi ini untuk mengetahui intelektualnya, kondisi kesehatan jasmani dan rohani serta kelayakan dari bacaleg itu sendiri. Ini juga dilaksanakan serentak seluruh Indonesia,” jelas Mingrum, di Hotel Sheraton Lampung, Kamis 7 Juni 2018.

Pada hari pertama, terdapat lima kabupaten/kota dan Provinsi Lampung yang mengikuti tes yakni Kabupaten Pringsewu, Pesisir Barat, Pesawaran, Kota Bandarlampung dan Metro serta bacaleg dari tingkat provinsi. “Hari ini ada lima kabupaten/kota dan provinsi. Terus yang lainnya akan dilanjutkan Jumat dan Sabtu,” terangnya.

Untuk sistem tes yang digunakan yakni secara online. Karena itu, setiap peserta menggunakan komputer dan laptop.

Alasannya, setiap jawaban dari peserta assesment akan langsung dikirim dan dinilai ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Selain itu, setiap bacaleg PDIP juga harus bisa menggunakan jaringan internet. Instagram, facebook dan file khusus tentang mereka.

“Inikan online jadi langsung ke pusat, jadi sangat menentukan. Kalau yang bersangkutan menilai kualifikasinya rendah, ya mohon maaf," jelas Anggota DPRD Provinsi Lampung itu.

Dia menjelaskan, nantinya Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto akan mengeluarkan dokumen untuk didaftarkan ke KPU sebagai Daftar Caleg Sementara (DCS).

"Yang menentukan itu DPP. Karena berkasnya disetorkan ke DPD terus kita sampaikan ke pusat. Setelah itu, baru DPP mengeluarkan dokumen untuk didaftarkan ke KPU," katanya. (ver)