Kapolda: Kita Belajar Dari Pengalaman Buruk Negara Lain

05 Juni 2018 - 01:18:06 | 39 | BERITA DAERAH

DL/05062018/Mesuji

---- Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana menegaskan bahwa  dalam menyikapi kehidupan bernegara, dalam memaknai peringatan hari lahirnya Pancasila, bangsa Indonesia haru belajar dari pengalaman buruk Negara lain, agar tidak terulang di negeri ini.

Ini ditegaskan Suntana saat membacakan amanat presiden RI Joko Widodo, dalam upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di Kabupaten Mesuji, 1 Juni 2018.

Pada bagian lain sambutan Presiden Jokowi yang dibacakan Suntana mengatakan, bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan pada pidato Ir Soekarno tanggal 1 Juni 1945 dan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara.

“Kita Perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme. Konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar bingkai daris masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun antar sesama umat beragama dan selalu hidup bergotong royong,” tambahnya.

Dengan peringatan diharapkan semangat Pancasila dapat tumbuh dan berkembang di dalam diri rakyat Indonesia, dan akan tercipta keutuhan dan kerukunan antar manusia.

Mendampingi Kapoda Lampung hadir pula pejabat utama personil Polda Lampung, Kapolres Mesuji AKBP. Edi Punomo.SIK, Bupati Mesuji Khamamik. SH, wakil bupati Hi.Sapli.TH dan ketua DPRD Mesuji Fuad Amrullah, SE. (sup)