DPD RI Pada Masa Reses Kunjungi Korban Banjir di Ibu Kota Jakarta

18 Januari 2014 - 15:12:28 | 1234 | BERITA DAERAH

DL/16012014/Jakarta

Pembukaan masa sidang DPD RI Tahun Sidang 2013-2014, dipimpin  ketua DPD RI, Irman Gusman didampingi  wakil ketua DPD RI, GKR Hemas, dihadiri 80 orang anggota DPD RI dari 132 anggota, Kamis (16/01).

Sedangkan empat  Senator Dapil Lampung, yang hadir adalah Ir. Anang Prihantoro (Komite I), Iswandi, A. Md (Komite II) dan H. Ahmad Jajuli, S. IP (Komite III)., sedangkan H. Aryodhia Febriansya SZP, SH (Komite IV) berhalangan hadir.   

Dalam pidatonya ketua DPD RI mengatakan bahwa DPD RI akan mengunjungi korban banjir di ibukota Jakarta, yakni di Kampung Melayu, Rawa Buaya dan Pengadegan, didampingi oleh senator asal Jakarta, dengan memberikan bantuan, sebagai bentuk perhatian dan juga meringankan beban korban banjir, serta berharap kepada Komite I DPD RI untuk segera mencari jalan keluar yang permanen, supaya persoalan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang mengakibatkan banjir, sehingga permasalahan banjir bisa diatasi.

Komite I diharapkan dapat mengawal proses pembentukan daerah otonomi baru, secara cermat menyusun pandangan terhadap pembentukan kabupaten/kota sebagai bagian tindaklanjut aspirasi masyarakat dan daerah yang masuk ke DPD RI.

Rapat itu juga membahas RUU Perubahan atas UU No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan RUU tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Wilayah, selain itu Komite II juga diharapkan mengantisipasi terhadap kemungkinan RUU yang berasal dari DPR RI atau pemerintah untuk disiapkan pandangan dan pendapatnya.

Sementara Komite IV pada masa sidang kali ini akan melakukan pembahasan RUU tentang APBN meliputi RUU tentang pertanggung jawaban pelaksanaan tahun anggaran 2013 dan pembahasan awal mengenai RUU APBN Tahun 2015, khususnya yang menyangkut masalah makro ekonomi, juga dana yang ditransfer ke daerah.

Sedangkan PPU dalam masa sidang ini, DPD RI akan melakukan pembahasan bersama DPR RI dan Pemerintah terkait RUU tentang Perubahan UU No 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR dan DPD RI (MD3). Ini merupakan jantung dari pada lembaga DPD RI. (rd-14)