Kurir Sabu, Boss Ari Ternyata Di Dalam Penjara Way Hui

04 Juni 2018 - 04:10:46 | 162 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/03062018/Lampura

-----  Meski sempat melarikan diri, saat sedang transaksi narkoba di depan Rumah Makan Taruko Jaya 1 Kotabumi, Ari (28) salah satu dari tiga tersangka akhirnya dapat diringkus jajaran Satresnarkoba Polres Lampung Utara, setelah mobil pelaku mengalami kecelakaan saat dilakukan pengejaran oleh petugas pada Sabtu dinihari 2 Juni 2018.

Kasatres Narkoba Polres Lampung Utara Iptu. Andri Gustami, SIK terpaksa melepaskan tembakan dari senjatanya ke arah mobil Sedan Toyota bernopol BE 1754 AP, yang dikendarai tiga tersangka pengedar sabu-sabu karena berusaha kabur saat dilakukan penggerbekan oleh petugas di RM.Taruko Jaya Kotabumi.

Akhirnya terjadi aksi kejar-kejaran antara petugas dengan para tersangka yang melarikan diri ke arah Bandar Lampung.

Namun nahas, baru sampai di jalan Lintas Tengah Sumatera tepatnya desa Candimas, Kecamatan Abung Selatan mobil tersangka mengalami kecelakaan tunggal, akhirnya satu dari tiga tersangka yaitu Ari Yansyah (28)  warga Jalan Raden Saleh, Kelurahan Tanjung Senang, Kecamatan Way Kandis, Bandar Lampung berhasil diringkus anggota. Sementara dua tersangka lainnya berhasil melarikan diri dan masih dalam pengejaran petugas.

Menurut Kasatres Narkoba Iptu. Andri Gustami, penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat, kemudian anggota langsung melakukan penyelidikan dengan membuntuti mobil yang diduga dikendarai oleh para tersangka.

Namun, saat hendak dilakukan penangkapan para tersangka langsung melarikan diri bahkan hampir menabrak Kasatresnarkoba Andri Gustami. Lalu dengan sigap Andri langsung melepaskan tembakan dan mengenai bagasi bagian belakang mobil tersangka.

“Saat akan kita ringkus tersangka langsung kabur dengan mobilnya hampir menabrak saya. Terpaksa saya lepaskan tembakan peringatan, tapi tidak diindahkan para pelaku. Kemudian langsung kita lakukan pengejaran, namun baru sampai di jalan raya desa Candimas tidak jauh dari TKP mobil tersangka mengalami kecelakaan dan ketiga tersangka melarikan diri. Akhirnya satu tersangka berhasil diamankan lalu kita lakukan penggeledahan terhadap mobil dan ditemukan satu kantong yang diduga Narkotika jenis Shabu.” jelas Andri.

Selain meringkus pelaku, Polisi juga berhasil mengamankan, satu paket sedang narkoba jenis Sabu-sabu seberat 10,21 Gram, Satu buah plastik klip, Satu buah plastik hitam dan Satu unit mobil sedan Toyota Nopol BE 1745 AP warna hitam sebagai barang bukti kejahatan.

“Tersangka dan barang bukti telah kita amankan di Mapolres, dan masih dalam pemeriksaan petugas guna penyelidikan dan pengembangan lebih jauh terkait kasus tersebut.” tegas Andri.

Sementara itu berdasarkan pengakuan tersangka Ari, dia bersama rekannya dari Bandar Lampung berangkat ke Kotabumi atas perintah boss nya, AS (Oknum Anggota) yang sedang ditahan di Rutan Way Huwi. 

Tersangka yang bekerja sebagai sopir ini, disuruh mengantarkan barang haram tersebut kepada pembeli di wilayah Kotabumi dengan upah sebesar Rp500 Ribu.

“ Saya hanya disuruh bos untuk antarkan barang itu kepada pembeli di Kotabumi. Sekali antar barang saya diupah Rp500 ribu. Saat itu, kami sedang transaksi di dalam mobil tiba-tiba datang anggota Polisi, kami terpaksa tancap gas melarikan diri. Namun tidak jauh dari TKP mobil kami mengalami kecelakaan rekan saya berhasil melarikan diri,” ungkapnya tertunduk lesu saat diperiksa petugas. (Zani)