Mengenal Tim-Tim Peserta Piala Dunia: Arab Saudi

02 Juni 2018 - 23:56:48 | 82 | OLAHRAGA

DL/02062018/Bandarlampung

---- Arab Saudi sebagai tim Asia yang untuk keempat kalinya lolos ke pentas putaran final Piala Dunia Sepakbola. Dimulai pada tahun 1994, Arab Saudi tampil di level dunia. Dan terakhir pada tahun 2006.

Meski belum mengenyam prestasi yang membanggakan di tingkat Internasional, namun tim yang berada di peringkat 67 versi badan sepakbola FIFA ini, terus mempertahankan generasi berlevel Internasional.

Untuk menghadapi pertandingan sesungguhnya yang akan dimulai 14 Juni 2018, timnas Arab Saudi yang saat ini dibawah pelatih Juan Antonio Pizzi masih akan melakukan pertandingan ujicoba dengan negeri-negeri kuat yakni Italia, Jerman dan Peru.

Pizzi dalam waktu dekat mengumumkan 28 pemain untuk berpartisipasi dalam skuad mendatang dan pertandingan persahabatan mereka.

Green Falcons – julukan Timnas Arab Saudi -- akan tampil dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan tuan rumah pada 14 Juni 2018. Lalu pertandingan Grup A selanjutnya melawan Uruguay pada 20 Juni dan Mesir pada 25 Juni.

Seperti dirilis FIFA.com skuad bersifat sementara sampai daftar akhir 23 pemain diumumkan oleh FIFA, setelah pengajuan mereka oleh tim yang berpartisipasi, pada 4 Juni.

Arab Saudi lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah mengunci point pada peratndingan melawan Jepang yang berakhir 1-0, pada 5 September 2017. Kemenangan ini mengakhiri masa-masa absen selama 12 tahun dari putaran final.

Penyerang mereka Fahad Al Muwallad mencetak gol tunggal yang membanggakan rakyat Arab Saudi, dan mengantarnya untuk keempat kalinya ke Piala Dunia.

Bintang Timnas Arab Saudi sejauh ini adalah Mohammad Al-Sahlah yang mencetak 16 gol selama penyisihan untuk ke Rusia tahun ini.Kecepatan dan akurasi tendangannya telah membuat Green Falcon sejauh ini sangat disegani di Asia.

Juan Antonio Pizzi, Pelatih kelahiran Argentina itu mengambil alih timnas Arab Saudi pada November 2017, setelah kontaknya bersama tim nasional Chili berakhir. Sebagai pelatih La Roja, ia memenangkan Copa America Centenario pada 2016 tetapi gagal membawa Cile ke Rusia 2018.

Pizzi adalah pemain depan yang produktif selama menjadi pemain Spanyol. Dia membela Spanyol di tingkat internasional dan tampil di UEFA EURO 1996 dan Piala Dunia 1998.

Arab Saudi berada di grup A bersama Tuan rumah Rusia, Uruguay dan Mesir.

Skuad Arab Saudi

Penjaga gawang: Assaf Al-Qarny, Mohammed Al-Owais, Yasser Al-Musailem, Abdullah Al-Mayuf.

Bertahan: Mansoor Al-Harbi, Yasser Al-Shahrani, Mohammed Al-Breik, Saeed Al-Mowalad, Motaz Hawsawi, Osama Hawsawi, Omar Hawsawi, Mohammed Jahfali, Ali Al-Bulaihi.

Gelandang: Abdullah Al-Khaibari, Abdulmalek Al-Khaibri, Abdullah Otayf, Taiseer Al-Jassim, Houssain Al-Mogahwi, Salman Al-Faraj, Nawaf Al-Abed, Mohamed Kanno, Hotan Bahebri, Mohammed Al-Kwikbi, Salem Al-Dawsari , Yehya Al-Shehri.

Penyerang: Fahad Al-Muwallad, Mohammad Al-Sahlawi, Muhannad Assiri. (*)