Kessos Gelar Workshop Sastra Generasi Muda se-Lampung

28 Mei 2018 - 23:11:58 | 107568 | SENI & BUDAYA

DL/28052018/Bandarlampung

---- Pemerintah Provinsi Lampung telah resmi membuka workshop sastra generasi muda kabupaten/kota se Provinsi Lampung, dengan tema Jelajah sastra lisan Lampung, Sastra Lisan dan perspektif wawasan nusantara.

Kegiatan tersebut dipimpin Kepala Biro (Karo) Kesejahteraan sosial (Kessos) provinsi Lampung Dra. Ratna Dewi, mewakili plt Gubernur Provinsi Lampung, Senin 28 Mei 2018.

Kabid Kessos provinsi Lampung Wahyu Arswendo menjelaskan bahwa tujuan digelarnya workshop adalah untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan wawasan terhadap karya sastra lisan, khususnya generasi muda. “Saya mengharapkan kelak sastra lisan akan semakin diminati dan difahami oleh generasi muda, mak ganta kapan lagi, ki mak kham sapa lagi,” pungkasnya.

Bahwa, lanjut Wahyu, kedepan mereka (generasi muda) diharapkan bukan hanya menjadi akademisi sastra tetapi juga praktisi sastra, karena selama ini masyarakat kita kurang faham sastra lisan yang yang ada di Lampung, seperti bubandung, bupantun, hahiwang dan lainnya.

Menurutnya, kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun, kita tekankan titik fokus pada generasi muda baik itu pelajar maupun mahasiswa untuk meningkatkan kecintaan seni budaya pada generasi muda di provinsi Lampung. “Bahwa sastra lisan merupakan bagian budaya bangsa Indonesia sekaligus aset nasional,” kata Wahyu.

Oleh sebab itu, keberadaannya perlu dijaga, diberdayakan, dibina, dilestarikan dan dikembangkan sehingga dapat berperan dalam menciptakan masyarakat Lampung yang memiliki jati diri, berakhlak mulia, berperadaban dan mempertinggi pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai luhur bangsa secara baik dan bertanggung jawab berdasarkan UUD 1945. (ver)