Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Kedamaian Terendam Air

23 Mei 2018 - 20:50:24 | 2079 | HUMANIORA

DL/23052018/Bandarlampung

----- Lantaran hujan yang turun pada Selasa 12 Mei 2018 malam hingga pagi tidak kunjung reda, akibatnya puluhan rumah warga yang berada di daerah Kalibalau Kedamaian Tanjungkarang Timur, Bandarlampung terendam air hingga setinggi dua meter.

Ketua RT I Kalibalau Kedamaian Tanjungkarang Timur Rozali mengatakan wilayah tersebut merupakan daerah langganan banjir setiap hujan deres turun. “Daerah kami ini memang merupakan langganan banjir. Kalau bulan ini baru sekali ini penyebabnya hujan tak reda-reda,” kata dia, Rabu 23 Mei 2018. 

Ia menjelaskan, kurangnya kesadaran warga lantaran sering membuang sampah ke sungai menjadi salah satu faktor utamanya.  Oleh sebab itu,  ketika hujan turun, maka air kurang lancar dan juga sungai sudah mulai menyempit karena banyak tikungan. 

Terpisah, Nurdin salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir menjelaskan hujan yang turun dari pukul 11.00 wib mengakibatkan air sungai yang naik, sehingga rumahnya terendam banjir.

“Kalau malamnya belum banjir. Saya tahu betul karena kebetulan saya penjaga malam. Banjir ini dating sudah pagi airnya naik setinggi 1 meter. Kalau di rumah saya ini, banjir kiriman dari atas,” kata dia.

Hujan yang turun membuat puluhan rumah kena banjir. Meski hujan belum reda di lokasi ini ada sebagian warga yang mulai membersihkan rumahnya dari lumpur. (ver)