KadisSos Pesawaran Langsung Tergerak Begitu Membaca Berita

23 Mei 2018 - 19:29:12 | 1944 | HUMANIORA

DL/23052018/Bandarlampung

---- Tanggap dan Responship. Itulah yang segera ditunjukkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran setelah mendapatkan informasi yang terkait dengan tugas kedinasannya.

Setelah membaca berita di detiklampung.com edisi  DL/23022018/Bandarlampung dengan judul Mbah Sarni Segera Diusulkan Bedah Rumah (23 Mei 2018), Kadis Sosial Pesawaran, Yulizar secara spontan menyambangi mbah Sarni dan menyerahkan bantuan alakadarnya berupa sembako, peralatan memasak dan selimut serta tidak ketinggalan sejumlah uang, Rabu, 23 Mei 2018.

“Setelah membaca berita dari detiklampung.com secara spontan kami berkunjung ke mBah Sarni dan  memberikan bantuan alakadarnya. Semoga bantuan yang tidak seberapa ini bermanfaat bagi mBah Sarni” Kata Yulizar.

Yulizar mengatakan bahwa kerjasama seperti ini sangat baik dilakukan untuk melayani masyarakat. “Ya kami kan petugasnya terbatas. Untuk mengcover informasi dari masyarakat kan perlu kerjasama dengan pihak lain, khususnya media. Ini sangat positif untuk segera melayani masyarakat kita yang membutuhkan,” tambahnya.

“Disamping itu kami ucapkan terimakasih kepada LKS Bina Insan Pertiwi dan juga media online detiklampung.com yang telah mengingatkan kami.” Ungkapnya.

Yulizar mengharapkan kepada Kepala Desa agar mengusulkan mBah Sarni ke dalam data Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Nexs Generation (SIKS-NG) sehingga nantinya terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Keluarga Miskin.

Dengan demikian mBah Sarni kedepan mendapatkan Bantuan Sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Beras Sejahtera (RASTRA), dan sebagainya. Walaupun oleh LKS Bina Insan Pertiwi mBah Sarni mendapatkan program home care maupun day care service.

Kadis Sosial Lampung Sumarju Saeni yang dihubungi detiklampung.com mengatakan bahwa berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sosial pada Pasal 10 PP No. 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) mencakup SPM Sosial Daerah Provinsi dan SPM Sosial Daerah Kabupaten/Kota.

Bahwa jenis Pelayanan Dasar pada SPM Sosial Daerah Provinsi terdiri atas rehabilitasi sosial dasar di dalam panti bagi penyandang disabilitas telantar, anak telantar lanjut usia telantar, tuna sosial khususnya gelandangan dan pengemis.

“Sedangkan Kabupaten/Kota pelayanan sosial dasar di luar panti dan perlindungan dan jaminan sosial pada saat dan setelah tanggap darurat bencana bagi korban bencana di provinsi dan di kabupaten/kota.” Katanya.

Terkait penyebaran informasi, Sumarju juga sangat concern untuk menggunakan medsos dalam melakukan koordinasi dengan seluruh jajarannya di seluruh provinsi Lampung.

“Ya media social kan bukan lagi keniscayaan. Semua hal akan lebih cepat teratasi dengan koordinasi, khususnya lewat media sosial. Kabar yang saya terima segera disampaikan kepada paling dekat dengan sumbernya. Maka akan segera tertangani,” katanya. (don)