Timnas Indonesia Turun Dua Peringkat di Rangking FIFA

23 Mei 2018 - 15:57:47 | 75 | OLAHRAGA

DL/23052018/Bandarlampung

---- Dunia olaharaga sepakbola Indonesia memang baru saja mendapatkan angin segar setelah cukup mlama dibungkam oleh pemerintah. Maka dari itu untuk memberikan kesegaran prestasi masih harus ditempuh banyak langkah kepada PSSI.

Namun nama dan citra sepakbola Indonesia belum sepenuhnya pulih, dan prestasinya pun masih perlu diperjuangkan dengan keras, bahkan untuk mempertahankan peringkat PSSI di badan sepakbola dunia, FIFA.

Timnas Indonesia mengalami penurunan peringkat di ranking FIFA dunia yang baru dirilis pada hari Kamis 17 Mei 2018. Indonesia mengalami penurunan dua peringkat, dimana sekarang berada di posisi 164.

Pada bulan April 2018, Indonesia menempati peringkat ke-162. Pasukan asuhan Luis Milla mengalami penurunan peringkat dikarenakan skuat Garuda tidak melakoni pertandingan uji coba level A selama periode tersebut.

PSSI memilih fokus mempersiapkan Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018. Satu di antara caranya adalah dengan menggelar turnamen Anniversary Cup pada awal Mei kemarin.

Akan tetapi, Indonesia bukanlah satu-satunya negara Asia Tenggara yang mengalami penurunan ranking FIFA. Kamboja juga mengalami hal serupa setelah turun dua urutan ke posisi 170, disusul Malaysia yang juga mengalami penurunan satu peringkat.

Selain itu, ada ketiga negara Asia Tenggara yang tidak mengalami perubahan di daftar ranking FIFA. Thailand tetap di posisi ke-122, disusul Singapura (172), dan Laos (179).

Hanya Vietnam dan Filipina yang mengalami kenaikan peringkat FIFA. Vietnam menempati posisi ke-102 karena mengalami kenaikan satu peringkat.

Sementara itu, Filipina menghuni posisi ke-111, sekaligus menjadi posisi terbaik negara ini sepanjang sejarah keanggotaan FIFA. Adapun untuk peringkat pertama, Jerman masih kukuh berada di puncak.

Timnas Indonesia yang akan turun di ajang Asian Games 2018 ialah level U-23. Jika Timnas Indonesia meraih prestasi dalam ajang ini, hal itu tak akan memberi pengaruh pada posisi Indonesia di rangking FIFA. Pasalnya, acara ini tidak masuk dalam agenda FIFA. (*)
Sumber: Bola.com