Bro Solmed, Bantuan Rp20 Juta Bisa Buat Dagang Kambing

11 Mei 2018 - 18:56:23 | 1620 | POLITIK

DL/11052018/Lamsel

----- Usulan cerdas dan inspiratif dikemukakan oleh seorang juru kampanye asal Jakarta untuk pasangan cagub-cawagub Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim (Arinal-Nunik), pada Kampanye Dalam Bentuk Lain

Di Lapangan Induk Desa Pancasila Natar Lampung Selatan, Kamis 10 Mei 2018.

Jurkam itu bernama Soleh Mahmud, atau lebih dikenal sebagai Bro Solmed, yang kala itu bertindak sebagai salah satu juru kampanye di luar partai pengusung Arinal-Nunik.

Solmed mengatakan bahwa salah satu yang akan sangat menguntungkan bagi rakyat jika kelak digulirkan bantuan untuk petani Rp20 juta adalah untuk membeli kambing dan dipelihara sedemikian rupa.

Loe pade, tau kagak, usaha ape yang nguntungin (kalian tahu tidak usaha apa yang menguntungkan – red) jika pak Arinal dan bu Nunik bantu petani Rp20 juta?” ujar Bro Solmed yang bercampur dengan bahasa Betawi.

Bro Solmed menyarankan agar para petani salah satunya bisa berdagang kambing dengan uang bantuan itu. Misalnya dengan membelikan kambing yang masih kecil dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Kemudian dijual kembali setahun kemudian saat menjelang hari raya kurban.

Berape harga kambing nyang kecil? Ade nyang 500 ribuan seekor? Nah kalau bantuan Rp20 juta itu dibelikan kambing seharga 500 ribuan, dapet 40 ekor. Kan lumayan. Katakanlah setahun pemeliharaan kambing memerlukan biaya rawat Rp1 juta. Maka kalau dijual satu ekornya bisa Rp2,5 juta, kan sudah jelas untungnya. Jadi modalnya berkembang kan?” kata Solmed meyakinkan.

Ini salah satu bentuk pendidikan politik yang konkrit bisa diterima oleh rakyat saat kampanye. Solmed memberikan contoh konkrit yang salah satunya bisa untuk memanfaatkan bantuan modal untuk para petani di Lampung.

“Pak arinal dan Bu Nunik pengin petani di Lampung Berjaya. Tapi petaninye kudu siap juga buat kreativitas usahanya ye. Jangan bantuannya modalnya dibelikan HP atau hal-hal yang gak perlu. Okee..” ungkap Solmed sebelum mengajak menyanyikan lagu ciptaan Rhoma Irama.

Seperti diungkapkan sebelumnya oleh beberapa juru kampanye bahwa salah satu program Arinal-Nunik, selain memberikan kartu Petani Berjaya, juga akan digyulirkan bantuan untuk usaha tani sebear Rp20 juta untuk yang memerlukan.

Ternyata Ustad ini juga pandai dalam bidang tarik suara, selain tausyiah dan orasi. Bahkan Solmed merelakan dirinya basah kuyup karena hujan di tengah panggung bersama audiens. (don)