Warga Penawar Jaya Minta Kualitas Pendidik Ditingkatkan

07 Mei 2018 - 22:58:20 | 1647 | BERITA DAERAH

DL/07052018/Tulang Bawang

--- Calon Gubernur Lampung dan calon Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi – Chusnunia (Arinal-Nunik) diminta warga Penawar Jaya untuk memperhatikan pendidikan.

Ina (20) mengatakan dari semua program yang harus diutamakan oleh Arinal-Nunik adalah poin 7 yaitu peningkatan kualitas pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.  “Harapannya ada bantuan kuliah gratis, biar adil. Bantuannya merata jangan hanya yang berprestasi saja,” ungkap wanita berjilbab ini Senin, 7 Mei 2018.

Menurutnya, banyak orang yang menginginkan untuk melanjutkan kuliah. “Karena sebenarnya meskipun orang itu gak seberapa pintar, dia punya keinginan untuk kuliah. Ingin punya pendidikan yang lebih tinggi agar masa depannya lebih maju dan lebih tertata.  Masa yang kuliah cuma orang kaya aja atau yang pintar-pintar aja.  Kan gak adil,” tuturnya.

Mahfud Afandi (17) selaku pemuda Penawar Jaya meminta kualitas pendidikan harus diperbaiki.  “Banyak guru honor yang cari status aja,  cuma pingin jadi PNS. Perlengkapan fasilitas pendidikan juga harus ditambah dan ditingkatkan. Kadang guru cuma dateng ngasih catetan pulang,  gak ada pendekatan dengan siswanya.  Jadinya murid sungkan mau konsultasi-konsultasi,” ceritanya.

Menurutnya, guru juga diberi pelatihan agar ada pendekatan dengan muridnya. “Pemerintah juga bisa mendisiplinkan guru-guru yang datang kesekolah tapi tidak menjalankan tugasnya dengan benar-benar,  cuma duduk-duduk jadinyakan sekolahnya kurang kondusif,” terangnya.

Dia berharap ada pemberdayaan untuk pemuda. “Soalnya banyak pemuda yang lulus SMA jadi pengangguran. Insyaallah dengan adanya pemberdayaan pemuda seperti ada pelatihan-pelatihan,  misalnya yang cowok dikasih keterampilan dibidang mesin. Jadi mudah mencari pekerjaan,” ujarnya.

Arinal Djunaidi mengatakan akan menampung seluruh aspirasi warga. “Bersama dengan Ibu Nunik akan membuat Lampung Berjaya dengan sembilan program yang saya miliki,” ujarnya.

“Pendidikan nantinya guru-guru akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengajarnya. Penyediaan sarana fasilitas laboratorium dalam menunjang kegiatan mengajar di sekolah,” ucapnya.

Arinal menambahkan untuk pemuda juga nantinya akan diberikan keterampilan sehingga dapat meningkatkan ekonominya. “Nanti Ibu Nunik akan memberikan pelatihan keterampilan kepada pemudanya dalam membuat kerajinan atau memiliki keahlian sehingga dapat menghasilkan secara ekonomi,” tandasnya. (lis)