Tiga Berkas Perkara Korupsi Diterima PN Tanjungkarang

07 Mei 2018 - 06:08:00 | 67 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/07052018/Bandarlampung

---- Setelah melakukan penahanan terhadap tiga orang tersangka kasus proyek pengadaan kapal tahun 2016 di Kabupaten Pesawaran. Kini berkas para tersangka yang telah lengkap tersebut langsung dilimpahkan oleh tim Jaksa ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang, untuk segera disidangkan.

Panitera Muda (Panmud) Tipikor PN Tanjungkarang, M. Yusuf membenarkan jika Kejaksaan Negeri (Kejari) Kalianda telah melakukan pelimpahan berkas perkara tersebut pada minggu lalu. “Benar, kami sudah terima pelimpahan berkas perkara dan secepatnya akan menetapkan jadwal sidang,” kata Yusuf saat dihubungin detiklampung.com.

Yusuf mengatakan bahwa dalam kasus yang didakwakan merugikan keuangan negara Rp300 juta itu akan segera disidangkan dengan majelis Hakim yakni Syamsudin sebagai Hakim ketua, Surisno dan Abdul gani masing-masing sebagai Hakim anggota.

Sebelumnya, Kejari Kalianda menahan tiga tersangka kasus proyek pengadaan kapal tahun 2016 di Kabupaten Pesawaran, pada Senin 23 April 2018 lalu. Kepala Kejari Kalianda, Sri Indarti, diwakili Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus), Feriando Rusmand mengatakan, proyek tersebut merupakan proyek Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran.

“Salah satu tersangka ini adalah mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran berinisial MDW, kemudian CH dan AK,” kata Feriando.

Ia menambahkan, ketiga tersangka tersebut, akan dititipkan ke Lapas Kelas IIa Kalianda oleh pihak Kejaksaan setempat selama 20 hari untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ketiga orang itu ada yang berstatus sebagai pegawai negeri aktif dan ada juga yang tidak aktif.

Saat disinggung mengenai berapa nilai proyek yang menyebabkan kerugian negara tersebut enggan berkomentar. Sedangkan Pasal yang dikenakan kepada para tersangka tentang UU Tipikor. “Kita masih terus melakukan pemeriksaan, yang kemungkinan ada pihak lain yang terlibat,” ungkapnya. (ver)