DiLampung Peringati May Day Dengan Long March Tertib

01 Mei 2018 - 19:48:50 | 1350 | BERITA DAERAH

DL/01052018/Bandarlampung

--- Peringatan hari buruh sedunia, May Day, 1 Mei, diperingati di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia, khususnya di provinsi Lampung.

Ratusan personel Kepolisian Bandarlampung mengawal ketat ratusan massa yang tergabung dalam Pusat Perjuangan Rakyat Lampung (PPRL) guna menggelar aksi dan teaterikal di Tugu Adipura, Bandarlampung, Selasa 1 Mei 2018. 

Masa yang tergabung dalam PPRL ini adalah FSBKU-KSN, FSP2KI-KPBI, FSBMM, KPR, LMND, FMN, SERUNI, SP SEBAY, SPRI, SBMI, LBH Bandar Lampung, KPOP, Persatuan Masyarakar Kampung Pasar Griya, SPI, AGRA, dan BEM U-KBM Unila.

Para pendemo berkumpul di depan masjid Taqwa, lalu melakukan aksi long march dari Masjid Taqwa, Tanjungkarang menuju Tugu Adipura Bandarlampung dengan kompak mengenakan baju merah.

Terdengar teriakan Hidup buruh, Hidup rakyat. Selain itu mereka juga meneriakkan bahwa kapitalisme telah merampas hak-hak buruh.

Menurut ratusan massa tersebut Hari Buruh merupakan hari pembebasan bagi kaum buruh. “Lawan kapitalisme, lawan upah yang tidak layak,” kata seorang pendemo dalam orasinya.

Ketua FSBKU wilayah Lampung, Sefriyadi mengatakan, kita di Lampung tetap seperti tahun tahun sebelumnya dengan tetap turun ke jalan tidak seperti di beberapa daerah yang diisi dengan jalan sehat dan pertandingan catur di Lampung. “Kami berharap dengan kegiatan ini Pemerintah mendengar kan apa yang kami suarakan,” kata dia.

Namun aksi damai itu masih berlangsung tertib, tidak terjadi hal-hal yang diluar kendali keamanan. (ver)