Perempuan Diberikan Porsi Luas Untuk Membangun

01 Mei 2018 - 01:50:24 | 324 | BERITA DAERAH

DL/01052018/Lampung tengah

---- Pasangan calon Gubernur Lampung dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi – Chusnunia berkomitmen untuk melakukan perbaikan jalan di Lampung bila terpilih. Arinal Djunaidi mengatakan jalan provinsi yang rusak segera diperbaiki.

“Begini bapak dan ibu, Kami ke sini untuk memberitahukan tentang program kami, agar bapak dan ibu faham. Jika sudah paham, maka akan dengan mudah menentukan pilihan ke nomor 3. Saya berpasangan dengan mabk Nunik akan mengedepankan kepentingan rakyat, itu pasti,” kata Arinal saa berorasi di Way Pengubuan Lampung Tengah, Senin 30 April 2018.

Anggaran perbaikan Jalan, kata Arinal, tidak kurang dari Rp2 triliun yang dialokasikan. “Insha Allah anggaran ini ada dan siap dipergunakan untuk infrastruktur dengan kualitas baik. Syaratnya, pilih kami dulu…” ujar Arinal.

Petani Disejahterakan

Selain program yang ditawar, dari 9 program ada Kartu Petani Berjaya yang telah dilaunching 16 Maret 2018 lalu adalah satu bukti bahwa pasangan ini serius untuk mensejahterakan petani di Lampung.

”Kami siapkan Kartu Petani Berjaya untuk para petani agar memberikan kepastian dan ketersediaan bibit dan benih yang berkualitas. Pupuk tersedia di wilayah ibu-ibu dan bapak-bapak, obat-obatan tersedia. Baik untuk hama dan penyakit. Produksi meningkat harganya menguntungkan petani,” ujarnya.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini akan turun ke lapangan bila terpilih. “Kami biasa di lapangan. Oleh karena itu kami punya kebijakan agar petani lebih cepat kemajuannya tidak hanya mengandalkan hasil panen. Kita akan memberikan Rp20 juta modal untuk usaha tani. Bisa untuk buka usaha dan petani bisa nabung, kemudian beasiswa untuk anak petani yang diterima di Fakultas Pertanian di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Konsenterasi program pasangan ini juga ada di desa. “Kami melihat ada ketimpangan cukup besar antara kota dan desa. Kami ingin di pedesaan harkat martabatnya sama dengan masyarakat perkotaan,” terangnya.

Sementara Chusnunia biasa disapa Nunik menyampaikan bahwa baru kali ini calon wakil gubernur perempuan.

 “Lampung sudah 54 tahun. Baru ini cagub yang punya wakil perempuan. 50 persen pemilih di Lampung ini adalah perempuan. Jadi perempuan pilih perempuan,  laki-laki pilih perempuan,” ajaknya.

Nunik juga menerangkan akan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu untuk meningkatkan kemampuannya. “Yang punya keterampilan, ayo kita gunakan peminjaman modal tadi untuk usaha keterampilan ibu-ibu, yang belum punya keterampilan nanti akan diberikan pelatihan,” ucapnya.

Bupati Lampung Timur nonaktif ini mengaku senang atas kesempatan yang diberikan dirinya untuk mengabdikan diri ke Provinsi Lampung. “Saya senang Pak Arinal memberikan ruang dan porsi yang seluas- luasnya untuk perempuan Lampung agar lebih berjaya,” tutupnya. (tim)