DPRD Minta Pemkot Segera Tempatkan Pedagang Korban Kebakaran

20 April 2018 - 19:42:18 | 1431 | PARLEMENTARIA

DL/18042014/Kota Metro

----- Musibah kebakaran yang melanda kios penampungan para pedagang di Pasar Cendrawasih kota Metro, pada Jumat 13 April 2018 lalu mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan, terlebih dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yaitu wakil ketua Komisi I DPRD kota Metro, Nasriyanto Effendi.

Nasriyanto, melakukan kunjungan ke lokasi kebakaran untuk menemui para pedagang, pada Selasa 17 April 2018.

Dikatakan Nasriyanto, pasca kebakaran para pedagang masih kebingungan untuk mencari tempat atau lokasi sementara untuk berjualan, pasalnya hingga saat ini pihak Dinas Pasar belum memberikan atau menempatkan para pedagang korban kebakaran kelokasi yang baru.

Kebijakan apa sebaiknya diambil oleh Walikota Metro, itu yang dipertanyakan. ”Sebentar lagi mau Bulan Puasa & Idul Fitri. Momen ini kesempatan bagi para pedagang untuk mencari uang. JIka hari-hari bisa sepi dagangnya biasanya bulan Ramadhan dan menjalang Idul Fitri dagangan ramai pembeli di situlah kesempatan pedagang meraup rejeki,” kata Nasriyanto.

Menurut Nasriyanto, jika tidak cepat diambil langkah relokasi kepada para pedagang korban kebakaran nantinya akan berdampak kurang baik pada posisi perkembangan perekonomian di masyarakat dan ini harus diambil langkah segera diberikan tempat untuk berdagang sementara di lokasi yang strategis.

“ Lebih cepat para pedagang diberi tempat untuk berdagang itu lebih baik. Jika dibiarkan saja berlarut-larut akan berdampak kurang baik. Dikhawatirkan akan berdampak pada kecemburuan sosial sehingga menimbulkan tidak kondusif di pasar itu sendiri. Tapi saya yakin Pemkot melalui Dinas Pasar sudah mempunyai solusi terkait hal ini. Namun, jangan terlalu lama untuk mengambil kebijakan dan keputusan karena orang banyak sudah menunggu,” tandasnya. (Igun)