Khamami Sosialisasikan Bantuan dan Kawal Program Pemda

17 April 2018 - 11:27:13 | 203 | BERITA DAERAH

DL/17042018/Mesuji

---- Bupati Kabupaten Mesuji Khamamik SH mensosialisasikan kepada calon penerima bantuan program perumahan layak huni (baperlahu) tahun anggaran 2018 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Bertempat di aula kecamatan Mesuji Timur Khamami didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), camat,kepala Desa dan dihadiri Kapolsek subsektor Mesuji Timur, Senin 15 April 2018.

Enam puluh tuju calon penerima Baperlahu dari 20 Desa se kecamatan Mesuji Timur menerima dana bantuan Baperlahu sebesar Rp30 juta untuk katagori usia lanjut (lansia) janda tua atau orang tua jompo yang rumahnya sudah reyot tidak layak untuk dihuni, dan Rp15 juta untuk keluarga kurang mampu yang penghasilannya rendah dibawah rata-rata dan syarat rumah tinggalnya harus masih papan serta sudah punya simpanan material bangunan di rumahnya.

Bantuan yang akan diterima tidak berbentuk uang melainkan berbentuk barang material dan satuan harganya harus dimusyawarahkan dengan toko material yang harganya juga harus disesuaikan dengan harga pasaran.

Pemerintah kabupaten Mesuji menyediakan kusen beton untuk penerima bantuan Baperlahu hasil dari kerjasama dengan pengrajin masyarakat Mesuji.

Selain mutu dan kualitasnya jauh lebih awet bila dibandingkan dengan kusen kayu, harga kusen beton relatif murah sehingga sangat membantu meringankan beban penerima bantuan Baperlahu untuk belanja bahan material.

Khamami mengimbau kepada seluruh aparatur pemerintahan desa agar tidak membodohi warga penerima bantuan Baperlahu dengan modus seperti biaya lobi ke Dinas, biaya administrasi, serta biaya fotokopi berkas penerima bantuan.

Program bantuan Baperlahu akan dikawal langsung oleh Khamami serta diharapkan untuk penerima bantuan bisa merasa puas karena sudah mendapatkan haknya yang dibantu oleh Pemda kabupaten Mesuji. (sup)