Nunik Star Of Debate Seri I KPUD Lampung

08 April 2018 - 14:07:16 | 84 | POLITIK

DL/08042018/Bandarlampung

---- Bukan Nunik Kalau Tak Menarik Perhatian. Tampil diantara tujuh lelaki pintar, Chusnunia Chalim, calon wakil gubernur Lampung nomor urut 3 ternyata banyak menarik perhatian public selama berlangsungnya Debat Kandidat seri I yang diadakan KPU Provinsi Lampung di Novotel Sabtu malam 7 April 2018.

Chusnunia Chalim yang akrab dipanggil Mbak Nunik tampil lepas dan menunjukkan kecerdasan intelektual serta mentalitas yang tangguh, walaupun dia satu-satunya wanita dalam arena debat politik itu.

Ratusan pengunjung yang hadir dalam ruang Debat Kandidat selalu menyambut antusias penampilan Calon Wakil Gubernur Lampung nomor urut tiga itu, meski bukan pendukung pasangan Arinal-Nunik.

Tepuk tangan pengunjung selalu bergemuruh setiap Nunik mengakhiri pembicaraan.

Bupati Lampung Timur (nonaktif) itu terlihat sangat menguasai materi debat dengan baik. Ketika menjelaskan visi misi sebagai calon pimimpin Lampung, Nunik menjelaskan secara padat dan sistematis serta menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.

Bahkan ketika menjawab pertanyaan dari lawan politiknya, penjelasan yang disampaikan Nunik seperti mengubah panggung menjadi miliknya. Hal ini terjadi karena penjelasan yang disampaikan perempuan berhijab itu lebih jelas dan realistis dibandingkan jawaban lawan politiknya.

Sepanjang debat itu Nunik bisa jadi menempati simpati tertinggi pengunjung dan panelis. Mereka menyambut dengan gemuruh tepuk tangan.

“Nunik sangat elegan malam ini. Dia menunjukkan dirinya sebagai perempuan cerdas dan berwibawa sebagai pemimpin. Dia berusaha menunjukkan jati diri dan isi kepalanya kepada masyarakat Lampung dan berhasil,” ujar seorang tokoh partai politik.

Meskipun garang dalam komentar dan pemaparannya, Nunik adalah wanita biasa yang lembut dan bersahaja yang mampu mencairkan suasana di pentas politik itu dengan mengajak para kandidat gubernur dan wakil gubernur untuk berswafoto sebelum mereka turun dari panggung debat.

Para lelaki itu tersihir dengan penampilan Nunik dan tanpa piker panjang mengikuit ajakan berfoto dengan Smartphone Nunik.

Barangkali mayoritas pengunjung dan panelis Debat malam itu sepakat untuk menobatkan Nunik Star Of Debate Seri I KPUD Lampung. Rencananya KPUD Lampung akan menggelar dua kali lagi debat untuk seluruh kontestan ini.

Nanang Trenggono usai perhelatan itu mengatakan bahwa dalam debat perdana ini untuk menguji intelektualitas para calon dalam menanggapi berbagai pertanyaan dan permasalahan dari para panelis.

“Untuk yang kedua untuk menguji bagaimana emosi masing-masing kandidat dan ketiga nanti untuk melihat sejauhmana kemampuan intelektualitas religiusnya para kandidat,” kata Nanang. (tim)