UU-ASN Tetapkan Usia Pensiun PNS Usia 58

09 Januari 2014 - 01:57:10 | 5670 | BERITA DAERAH

DL/08012014/SUKADANA

Pegawai Negeri Sipil bakal mempunyai UU baru yang mengatur masa pensiun mereka, yakni dengan Uundang-unang Aparatur Sipil Negara (UU-ASN), yang tinggal menunggu peraturan pelaksanaannya, atau peraturan pemerintah sebagai juklak UU tersebut.

Secara teknis memang belum bisa diberlakukan, namun ii sudah memberikan sinyal menggembirakan untuk PNS, yakn kelak akan pensiun pada usia 58 tahun, sebelumnya PNS dibatasi dengan usia 56 tahun untuk pensiun, sesuai UU No.43/1999 tentang pokok-pokok kepegawaian.

Di jajaran pemerintah kabupaten Lampung Timur, saat ini terdapat 322 PNS yang masuk daftar pensiun, jika mengacu pada aturan lama yang terdiri dari golongan I sampai golongan IV.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Lamtim, Jailani Hamzah, mengatakan, soal ketentuan terbaru mengenai pokok kepegawaian, memang beberapa waktu lalu DPR RI telah mengesahkan undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam Undang-undang ASN tersebut, memang disebutkan masa kerja pensiun bagi PNS dapat diperpanjang dari 56 tahun menjadi 58 tahun. Namun, ketentuan tentang perpanjangan masa pensiun tersebut, baru dapat diterapkan setelah ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk tekhnisnya.

”Biasanya, juklak dan juknis akan dituangkan melalui peraturan pemerintah (PP). Namun hingga kemarin PP tentang penjabaran UU tersebut belum terbit. Karenanya, ketentuan tentang batas usia pensiun masih mengacu peraturan lama. Artinya perpanjangan masa pensiun akan berlaku setelah PP tentang UU ASN terbit,”ujarnya.

Berdasarkan ketentuan tentang batas usia pensiun tersebut, sudah diatur dalam undang-undang RI no 43 tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian yang merupakan perubahan atas UU no 8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian.

Juga diatur dalam peraturan pemerintah RI no 65 tahun 2008 tentang perubahan kedua atas peraturan pemerintah no. 32 tahun 1979 tentang pemberhentian PNS. “Ketentuan-ketentuan inilah yang sementara ini masih dipakai,sambil menunggu petunjuk teknis UU terbaru itu,”ungkap Jailani.

Masih menurut Jailani, sesuai ketentuan tersebut, kembali dengan para PNS yang memasuki masa pensiun sebanyak 322 PNS. Dari 322 PNS diantaranya golongan I sebanyak 2 PNS, golongan II 37 golongan III 73 dan Golongan IV sebanyak 210 PNS.

”Dari jumlah PNS yang pensiun tersebut mayoritas dari golongan  formasi tenaga pendidik (guru),”jelasnya. (rd-10)