Harus Tahu, Beberapa Fakta Tentang Via Vallen

29 Maret 2018 - 02:57:04 | 1301 | HIBURAN

DL/29032018/Jakarta

Sayang Opo kowe krungu jerit e ati ku

Mengharap engkau kembali

Sayang Nganti memutih rambut ku

Rabakal luntur treno ku

Pasti kamu merasa familiar, dong, dengan lirik lagu di atas?

Lirik lagu yang kental dengan bahasa Jawa itu merupakan lagu yang dibawakan oleh salah satu biduan Indonesia, Via Vallen. Lagu berjudul Sayang itu menjadi hits seiring dengan nama Via yang juga semakin melejit di industri musik dangdut Indonesia.

Banyak lagunya yang sangat lekat di telinga pecinta dangdut dan tentunya membuat kamu susah untuk tidak ikut berjoget.

Lantas, siapa sih sosok Via Vallen yang langsung mencuri perhatian masyarakat ini? Berikut rangkuman kumparan.com tentang sosok Via.

1. Menjadi penyanyi dangdut di umur 15 tahun

Penyanyi dengan nama asli Maulidia Octavia ini memulai kariernya sebagai seorang penyanyi sejak ia duduk di kelas 2 SMP. Hobinya yang suka bernyanyi sejak kecil membuat Via terbiasa dengan dunia tarik suara.

Apalagi sejak SD, ia sudah sering ikut sang ayah, Mohammad Arifin, yang juga menjadi penyanyi dangdut untuk manggung. Namun kala itu, Via masih belum serius untuk mendalami musik dangdut karena ia lebih menyukai musik pop.

2. Rilis single pertama di tahun 2015

Darah dangdut yang mengalir di tubuhnya akhirnya membuat Via mendalami musik dangdut. Ia pun mulai mengikuti jejak sang ayah sebagai penyanyi dangdut. Sampai akhirnya ia memiliki penggemar dan membentuk fanbase yang diberi nama Vyanisty dan diresmikan pada 24 September 2010. Berjalannya waktu, Via mulai merilis single pertamanya yang berjudul Selingkuh pada tahun 2015. Sejak itu, nama Via pun mulai dikenal publik.

3. Raih penghargaan sebagai Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017

Nama Via semakin menjadi sorotan setelah single Sayang yang dirilis pada tahun 2017 ini meledak di pasaran. Sosok Via pun semakin dicintai oleh banyaknya penikmat musik dangdut.

Yang mengejutkan penyanyi berusia 26 tahun ini sukses menggeser popularitas penyanyi dangdut senior lainnya seperti Ayu Ting Ting, Cita Citata, Nassar dan Zaskia Gotik di ajang penghargaan SCTV Music Awards 2017. Via sukses menyabet penghargaan sebagai Penyanyi Dangdut Paling Ngetop 2017.

Alhamdulillahhh yaa Allah... Terimakasih kesempatannya untuk Via mendapatkan penghargaan sebagai penyanyi paling ngetop di ajang musik yang paling bergengsi ini Sctv Music Award 2017. Duluuuu hanya bisa bermimpi untuk bisa berada di panggung itu, tapi nggak nyangka ternyata sekarang menjadi kenyataan bisa berada di panggung yang super megah itu dan menjadi bagian dari acara tersebut. Rasanya senang, bangga, terharu campur aduk deh. Apalagi pas dapet piala ini, bener-bener speechless, terharu yang sampe nangis. Tapi aku terus berusaha menahan sampe susah buat ngomong. Piala ini sama dengan amanah yaaa. Jadi lebih ada tanggungjawab lagi untuk Via agar bisa lebih baik dalam berkarya, bersuara dan berpenampilan,” tulis Via.

4. Dianggap saingan berat Ayu Ting Ting

Kemenangan Via dalam ajang SCTV Music Award ternyata sempat membuatnya jadi bulan-bulanan netizen. Kala itu Via dianggap sebagai saingan Ayu Ting Ting di panggung dangdut dan menggeser posisi Ayu Ting Ting sebagai salah satu pedangdut yang namanya cukup diperhitungkan selama ini.

“Via sih enggak merasa menggeser. Mungkin kalau pialanya memang rezeki Via. Semua orang kan sudah punya rezeki masing-masing. Kalau masyarakat menilai Via menggeser penyanyi si A atau si B, itu opini mereka karena Via enggak pernah kayak gitu,” ungkapnya saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

“Via itu niatnya bekerja dan berkarier. Niatnya kerja yang lurus saja dan enggak aneh-aneh,” lanjutnya.

Pelantun Secawan Madu tersebut juga tidak merasa menjadikan Ayu Ting Ting ataupun pedangdut lainnya sebagai saingannya dalam industri musik Tanah Air. Penyanyi asal Sidoarjo, Jawa Timur, itu juga tidak mau ambil pusing dengan semua pemberitaan tentang dirinya.

“Kalau dibandingin gitu, Via sendiri ambil positifnya saja. Yang penting Via sama Ayu enggak ada masalah. Orang mau ngomong gimana terserah yang penting Via tahu kalau Via sama Ayu enggak ada masalah. Kayaknya terlalu berlebihan sih cuma namanya public figure pasti wajar ya diomongin. Kalau enggak mau diomongin ya enggak usah jadi public figure,” ungkapnya yang mengaku tak kenal dekat dengan Ayu.

5. Membuat penasaran sutradara Despacito

Nama Via Vallen kembali menjadi sorotan publik setelah namanya disebut-sebut sukses membuat penasaran sutradara musik video Despacito, Carlos Perez. Kedatangan Carlos sendiri ke Jakarta dalam rangka proyek iklan bersama Abimana Aryasatya.

Namun dalam sebuah kesempatan wawancara, nama Via Vallen tercetus dari mulut awak media saat Carlos bertanya lagu apa yang sedang naik daun saat ini di Indonesia. Nama Via Vallen pun terlontar tentunya dengan lagunya yang berjudul Sayang.

Sontak hal tersebut menarik perhatian Carlos. Sutradara yang pernah bekerja sama dengan Ricky Martin ini langsung meminta nama dan judul lagu Via untuk ditulis di kertas.

“Tulis namanya. Tulis judul lagunya bersama namanya. Aku akan mencari tahu tentangnya,” ujar Carlos penuh rasa ingin tahu. (*)