TMMD Ke 101 Dipusatkan Di Lampung Tengah

29 Maret 2018 - 02:23:53 | 3051 | BERITA DAERAH

DL/29032018/Kota Metro

---- Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 yang diselenggarakan oleh  Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya di wilayah teritorial Komando Resort Militer (Korem) 043 Garuda Hitam (Gatam) Lampung, difokuskan di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0411/LT, dilaksanakan di Desa Karang Endah Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.

TMMD bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, rencananya akan digelar pada Rabu 4 April 2018 di lapangan Desa Karang Endah Lampung Tengah dan akan dibuka secara langsung oleh Plt Bupati Lampung Tengah, Lukman Djoyo Sumarto.

Mewakili Komandan Kodim 0411/LT Letkol Czi. Burhannudin, Danramil 411-03 Terbangi Besar Kapten Inf. Suprobo menjelaskan, saat ini pihak TNI tengah melakukan kegiatan Pra TMMD yaitu pembuatan badan jalan yang nantinya akan langsung di onderlaag sepanjang 2 kilometer serta sarana dan prasarana yang lainnya.

“Selain kegiatan fisik ada juga kegiatan non fisik yang berkenaan dengan kesehatan yaitu pengobatan gratis bagi masyarakat. Selain itu, kita juga menggelar kegiatan Bazar sembako murah untuk masyarakat sekitar,” jelasnya.

Lebih lanjut Suprobo mengatakan, sasaran dari TMMD itu meliputi pembuatan badan jalan 6x1.000 meter, penimbunan badan jalan sepanjang 1.200 meter, pengerasan badan jalan 3x2.000 meter, pembuatan talut sepanjang 2.000 meter, pembuatan jembatan ukuran 8x8 meter satu unit, pembuatan gorong-gorong ukuran 2x8 meter dua unit.

Selanjutnya, program bedah rumah tidak layak huni milik masyarakat sebanyak 8 unit, rehab Mushola 1 unit, pembuatan MCK Mushola 1 unit dan pembuatan lapangan bolavoli 1 unit.

“Sasaran kegiatan terbagi di beberapa Dusun yaitu Dusun 6,7, 8 dan jembatan satu unit yang menghubungkan antara Dusun 7 dan 8, Kampung Karang Endah Kecamatan Terbanggi Besar kab Lamteng,” katanya.

Suprobo menambahkan bahwa TMMD merupakan program TNI dalam membantu program Pemerintah Daerah dalam peningkatan pembangun yang meliputi bidang Infrastruktur, meningkatkan produktivitas lahan pertanian dan mengatasi kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir dan kerusakan hutan demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. (Igun)