LBH-Kes Imbau Dinkes Lamtim Tanggap Penyakit Musiman

08 Januari 2014 - 10:02:30 | 1998 | BERITA DAERAH

DL/08012014/SUKADANA

Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan (LBH-Kes) Kabupaten lampung Timur kecam Dinas Kesehatan Kab setempat kurang peduli terhadap wabah penyakit musiman, salah satunya virus Demam Berdarah Dangue (DBD).

Sejak memasuki musim penghujan, tidak ada gerakan pencegahan wabah penyakit DBD. Sesuai dari data, per- Januari hingga Desember 2013 lalu warga Lamtim yang terserang DBD mencapai 290 orang.

“Atas nama lembaga yang bergerak dibidang kesehatan, kami sangat menyayangkan sikap dari Dinkes. Sejak masuknya musim penghujan tidak ada gerakan pencegahan virus DBD, terakhir ini tepatnya Desember 2013 lembaga kami mendapat laporan, 4 warga Lamtim terserang DBD,sementara dinkes belum melakukan pengasapan (voging fokus) di wilayah endemisDBD,”ungkap Sekretaris LBH-Kes Lamtim, Jaya AB.

Melalui tim, lembaga ini turun untuk memberikan himbauan bagi warga masyaraka agar mewaspadai merebaknya virus DBD, dengan bergotong-royong membersihkan saluran air yang mampet dan mulai dangkal.

Ketika dikonfirmasi, Dinas Kesehatan Lamtim mengklaim telah melakukan penyuluhan tentang pencegahan virus penyakit musiman, khususnya di wilayah endemis di cuaca ekstrim saat ini.

Kasi pemberantasan dan pencegahan penyakit menular, Sartono, mengatakan berdasarkan catatan, serangan penyakit tersebut biasanya cenderung meningkat. Sesuai data yang ada, per-Januari sampai Maret 2013 tercatat kurang lebih 137 orang. Untuk Desember lalu baru dugaan.

“Kita sudah melakukan sosialisasi pencegahan, diantaranya melalui kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui 3 M (menutup, mengubur dan menguras) tempat-tempat yang potensial menjadi sarang nyamuk,” ungkapnya. (rd-10)