Parosil - Hasnurin Gencar Promosikan Ekowisata Bumi Sekala Bekhak

20 Maret 2018 - 16:48:15 | 394 | PARIWISATA

DL/20032018/Lambar

---- ADVERTORIAL. Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu daerah tujuan wisata baru di Provinsi Lampung. Sejumlah potensi wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, maupun wisata sejarah terdapat di Bumi Sekala Bekhak tersebut.

Tidak hanya itu  suasana alam pegunungan yang sejuk, cuaca yang dingin ditambah panorama alam yang indah  menjadikan Kabupaten di ujung barat provinsi Lampung itu sebagai daerah tujuan wisatawan yang potensial. 

Beberapa potensi wisata yang ada di Lampung Barat tentunya tidak kalah indahnya dengan potensi wisata di daerah lainnya baik di Lampung maupun luar Lampung.

Mulai dari wisata air Arung Jeram di Kecamatan Sumber Jaya serta wisata air terjun di kecamatan Air Hitam. Destinasi wisata ini menawarkan aliran sungai yang deras dan debit air yang tidak pernah surut dengan tingkat kesulitan yang tersedia bagi pemula maupun ahli dalam kategori aman.

Tidak hanya itu di Kecamatan Suoh, terdapat kawasan wisata Keramikan dan  Kawah Nirwana yang  berada titik terdekat semburan panas bumi. 

Lokasi wisata yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan (TNBBS) tersebut kini mulai ramai dikunjungi wisatawan mancanegara yang ingin menyaksikan langsung indahnya semburan air bersumber panas bumi.

Tidak jauh dari lokasi Kawah Nirwana dan Keramikan terdapat wisata danau Asam, Danau Belibis dan Danau Lebar dengan pemandangan hamparan padang ilalang.

Selanjutnya di Kecamatan Batubrak terdapat wisata Puncak Gerdai Pekon Negeri Ratu yang dikenal dengan istilah wisata negeri di atas awan, karena ketika pagi  dan sore hari dari lokasi Puncak Gerdai pengunjung seolah berada di atas awan yang menutup bukit-bukit di bawah puncak Gerdai.

Sedangkan di Pusat Kota Liwa, terdapat lokasi wisata Kebun Raya Liwa ( KRL) yang menjadi satu-satunya Kebun raya di Lampung sebagai pusat penelitian, pendidikan dan wisata alam.

Meski saat ini masih dalam tahap penataan dan pembangunan, namun lokasi wisata KRL yang mengkoleksi berbagai jenis tumbuhan dan bunga menjadi salah satu alternatif tujuan kunjungan.

Tidak hanya itu di Kecamatan Lumbok Seminung, terdapat lokasi wisata danau Lumbok yang didukung Hotel dan Convention Seminung Lumbok Resort. Hotel megah berkelas bintang tiga yang membelakangi Gunung Seminung dengan pemandangan Danau Lumbok, semakin melengkapi keindahan wisata di Bumi Sekala Bekhak itu.

Dibawah kepemimpinan pasangan Bupati H. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati H. Mat Hasnurin, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat makin gencar mempromosikan berbagai potensi wisata di daerah tersebut, sehingga dikenal oleh masyarakat luas dan menarik minat baik wisatawan lokal, maupun mancanegara untuk berkunjung ke Bumi Sekala Bekhak itu.

Meski belum cukup tiga bulan menjabat, hampir semua potensi wisata di Bumi Sekala Bekhak telah di kunjungi oleh  sang bupati.

Bahkan Parosil yang dikenal sebagai Bupati Kopi itu tak segan-segan menjajal wisata Arung Jeram bahkan mendatangi beberapa titik air terjun yang lokasinya jauh dari keramaian hanya untuk mengenalkan jika wisata di wilayahnya tidak kalah menariknya dengan daerah lain.

Tidak bisa dipungkiri, keindahan lokasi wisata di Lampung Barat tidak kalah bagusnya dengan daerah lain di Lampung bahkan di Indonesia, hanya saja selama ini belum terkelola dengan maskimal dan belum banyak di ketahui masyarakat luas.

Kata Parosil Mabsus Pemilik tagline Lampung Barat Hebat tersebut bahkan mengklaim jika sejumlah lokasi di Lampung Barat tidak ada di daerah lain bahkan memiliki keunggulan yang tidak ada di daerah lain.

“Kabupaten lain ada Gajah, Kita juga ada. Daerah lain ada Danau kita juga ada. Daerah lain ada hutan di Lambar juga ada. Lampung Barat punya danau Asam dan wisata panas bumi daerah lain tidak, kita punya Kebun Raya satu-satunya di Lampung. Ini kalau terus dipromosikan saya yakin kedepan Lampung Barat makin maju dan terwujudnya masyarakat yang sejahtera secara ekonomi,” ungkap Parosil dengan penuh Optimis. (Adv)