Pemkab Lamtim Naikkan Dana Bantuan Desa

08 Januari 2014 - 08:04:03 | 378 | BERITA DAERAH

DL/08012014/SUKADANA

Program Gerakan Pembangunan Infrastruktur Daerah (Gerbang Indah) Bumi Tuah Pepadan 2014, dilanjutkan ke 246 desa tersebar di 24 Kecamatan se-kabupaten Lampung Timur. Masing-masing desa mendapat Rp50 juta, dari Pemkab setempat.

Program Gerbang Indah ini, merupakan kelanjutan program Gema Melati (Gerakan Membangun Lampung Timur) tahun sebelumnya.

“Sama dengan program sebelumnya yakni Gema Melati, hanya saja merubah nama saja. Untuk dana jumlahnya masing-masing desa diplot sebesar Rp40 juta tahun lalu, dana ini sebagai dana rangsangan desa dalam membangun infrastruktur desa itu sendiri,”ungkap Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin, di ruang kerjanya, Selasa (07/01).

Tahun ini, Pemkab menambahkan dana rangsangan tersebut sebesar Rp 10 Juta, total masing-masing desa mendapat Rp 50 Juta.Program ini dimaksudkan untuk memacu masyarakat lamtim, berkiprah dalam proses pembangunan yang diawali dari tingkat desa.

Melaluii program ini pula secara tidak langsung mengajak masyarakat Lamtim, membangun kebersamaan dalam peran membangun daerah ini dibidang infrastruktur.

“Pelaksanaan Gerbang Indah ini disesuaikan dan didasari dengan hasil musyawarah masyarakat sendiri. Pemkab hanya memfasilitasi dan pelaksananya bersama oleh masyarakat bersangkutan sesuai musyawarah infrastruktur yang akan dibangun untuk kepentingan desa,”ujarnya.

Selain program Gerbang Indah tersebut, 2014 ini Pemkab juga akan menyalurkan dana insentif bagi para anggota linmas dan guru honorer murni.

“Dalam waktu dekat ini, Pemkab akan segera menyalurkan dana insentif bagi para anggota Linmas dan para guru honorer murni. Begitu juga dengan dana  insentif perangkat desa yang telah teranggarkan sejak 2013, akan segera disalurkan,”pungkasnya. (rd-14)